Saat ini kita hidup di era digital yang mana semua hal bisa dilakukan dengan mudah. Namun terkadang kita pasti merindukan suasana zaman dulu saat teknologi belum begitu maju seperti sekarang ini. Ada banyak cara bernostalgia dengan masa-masa indah dulu. Selain membuka album foto, Anda juga bisa menerapkan desain ruang tamu bergaya vintage. Desain ruang tamu ini sangat identik dengan nostalgia kenangan masa lalu, barang jadul, maupun dekorasi bunga.

Anda yang memang berniat menghadirkan suasana jadul sangat cocok menerapkan desain ini. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ruang tamu nyaman dengan desain vintage. Berikut tips selengkapnya:

Gunakan Warna Hijau, Merah Muda, Oranye, dan Putih

Warna-warna yang biasanya diaplikasikan pada ruang tamu vintage adalah oranye, hijau, merah muda, dan putih. Meskipun begitu, Anda tetap bisa menggunakan satu atau dua warna yang mendominasi. Biasanya orang-orang memilih warna putih apabila ingin memadukan gaya vintage dan modern. Sedangkan warna hijau dan oranye cocok jika Anda menginginkan suasana natural dan soft.

Jangan Lupakan Sofa Bermotif Bunga

Motif bunga sangat identik dengan desain ruang tamu bergaya vintage. Anda bisa menerapkan motif tersebut pada beberapa hal, salah satunya yaitu sofa ruang tamu. Pilih motif bunga berukuran kecil hingga sedang, apalagi jika ruang tamu Anda tidak terlalu besar. Tambahkan kursi goyang agar ruang tamu tampak lebih vintage.

Desain ruang tamu bergaya vintage

Lemari Kaca di Sudut Ruangan

Lemari kaca untuk ruang tamu vintage biasanya memiliki cat yang agak mengelupas. Sedangkan pintunya sebagian terbuat dari kaca, sebagian lagi terbuat dari kayu. Anda bisa berkreasi bagaimana model lemari kaca yang diinginkan. Letakkan di sudut ruangan agar ruang tamu lebih terasa luas.

Lampu Hias Gantung dengan Kesan Hangat

Lampu hias saat ini didesain dengan beraneka konsep. Jadi Anda bisa menemukan lampu hias berkonsep vintage dengan lebih mudah. Pertimbangkan untuk memilih lampu gantung agar bisa menerangi seluruh ruangan. Dibandingkan warna putih, konsep vintage lebih cocok dengan lampu yang bercahaya kuning. Pasang beberapa lampu agar lebih indah dan memberikan kesan hangat.

Bingkai Foto Bergaya Jadul

Foto merupakan dekorasi yang hampir ada di setiap konsep, termasuk konsep vintage. Namun pada konsep ini, pemilihan bingkai dari foto perlu diperhatikan dengan baik. Bingkai yang dipilih harus bergaya jadul. Contohnya yaitu bingkai polos dengan cat mengelupas atau bingkai dengan pinggiran berupa ukiran.

Dekorasi Meja dengan Bunga

Meja kopi atau coffee table berukuran kecil banyak dipilih sebagai meja ruang tamu vintage. Tambahkan sedikit dekorasi pada meja tersebut agar kesan vintage atau jadul semakin terada. Beberapa pilihan dekorasi meja yang bisa dipertimbangkan yaitu vas bunga motif bunga, lilin kecil, cangkir motif bunga dan lain sebagainya.

Sarung Bantal dari Kain Perca

Sofa ruang tamu biasanya menggunakan bantal untuk meningkatkan kenyamanan tamu. Jika Anda hobi menjahit, pertimbangkan untuk membuat sarung bantal sendiri dari kain perca. Namun pastikan sarung bantal tersebut senada dengan furniture lainnya agar tidak merusak konsep yang sudah dibuat.

Itulah tips menciptakan ruang tamu bergaya vintage yang bisa coba Anda ikuti. Untuk mendapatkan inspirasi seputar desain ruang tamu bergaya vintage lainnya, Anda bisa mencarinya di Masterumah.id. Masterumah.id sendiri merupakan ruang inspirasi yang bisa membantu Anda menemukan ide-ide untuk membuat hunian lebih indah sekaligus nyaman. Selain fitur Inspirasi, masih ada beberapa fitur lainnya. Ayo langsung kunjungi masterumah.id untuk merasakan berbagai macam fitur yang dimiliki.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%