Kuliah editing video profesional merupakan pilihan untuk orang yang ingin bekerja di bidang perfilman atau periklanan. Banyak orang mempelajari editing video secara otodidak, karena belum banyak orang tahu jika ada kuliah dengan jurusan editing video profesional. Karena jika hanya belajar sendiri kemampuan editing tidak akan berkembang. Atau bahkan ada orang-orang yang menganggap bahwa jurusan ilmu computer dan multimedia juga mempelajari editing. Padahal kedua jurusan itu tidak sepenuhnya mendalami ilmu editing video profesional.

Ada beberapa jurusan kuliah yang dapat kita pilih untuk  kuliah editing video profesional, dan di jurusan ini Anda akan mendalami banyak hal mengenai editing video profesional. Beberapa jurusan itu di antaranya,

kuliah editing video profesional
                                                                    kuliah editing video profesional
  • Desain komunikasi visual

Ini merupakan jurusan perkuliahan yang akan mengajarkan kita ilmu desain, ilustrasi, fotografi, animasi, desain web, media interaktif, dan penyutradaraan film. Pada beberapa bagian tersebut di atas akan diajarkan editing video secara profesional.

  • Cinematography 

Merupakan jurusan kuliah perfilman, namun tidak hanya editing video yang Anda akan pelajari tetapi juga semua tentang pembuatan film. Misalnya seperti penulisan naskah, management produksi, penyutradaraan, lighting, dan lain-lain.

  • Editing Video

Umumnya merupakan kursus singkat yang biasanya dilakukan hanya beberapa kali pertemuan saja. Kursus berlangsung sekitar 6 sesi atau 6 kali pertemuan, dan disini akan dibahas khusus menggunakan software tertentu dengan output sesuai kebutuhan.

Kedua jurusan kuliah dan pilihan kursus tersebut diatas bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang tertarik pada dunia editing profesional. Selain ilmu editing, Anda juga akan mendapatkan ilmu lain yang akan berguna menunjang proses pembuatan sebuah film. Jika sudah mempunyai pilihan jurusan yang tepat, sekarang saatnya memutuskan sekolah atau Universitas mana yang akan didatangi untuk mempelajari semuanya. 

Sebaiknya memilih kuliah editing video profesional janganlah sembarangan, karena kita harus mempelajari dari ahlinya. Jadi tidak hanya akan mendapatkan teorinya saja, Anda harus memilih tempat yang juga mengajarkan bisnis film. Misalnya cara mencari pendanaan film dan cara untuk mendapat keuntungan.

Jika memungkinkan Anda akan langsung diberi tugas langsung di dunia perfilman agar mendapatkan pengalaman. Ini semua akan didapatkan dengan memilih IDS sebagai tempat untuk  Anda mempelajari editing video profesional.