Perkembangan teknologi informasi menimbulkan evolusi yang mengarah kepada layanan perbankan Digital banking. Layanan ini bertujuan meningkatkan efisiensi kegiatan operasional dan mutu pelayanan bank kepada nasabahnya. Untuk itu, bank perlu mengembangkan strategi bisnis yang mengarah pada layanan perbankan digital. Layanan perbankan digital adalah layanan atau kegiatan perbankan dengan menggunakan sarana elektronik atau digital milik Bank.

Dan atau melalui media digital milik calon nasabah dan atau nasabah Bank, yang dilakukan secara mandiri. Hal ini memungkinkan calon nasabah dan atau nasabah Bank untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi, registrasi, pembukaan rekening, transaksi perbankan, dan penutupan rekening, termasuk memperoleh informasi lain dan transaksi di luar produk perbankan, antara lain nasihat keuangan (financial advisory), investasi, transaksi sistem perdagangan berbasis elektronik (e-commerce), dan kebutuhan lainnya dari nasabah Bank.

Digital banking.
Digital banking.

Pengembangan strategi bisnis yang mengarah kepada layanan perbankan digital memerlukan infrastruktur yang memadai. Di antaranya manajemen risiko, penyesuaian teknologi informasi, business model, business process, internal control, dan sumber daya manusia, untuk mendukung kenyamanan, keamanan, serta keandalan layanan perbankan digital dalam penyediaan informasi, dan komunikasi, saat melakukan registrasi, pembukaan sebuah rekening, pemrosesan suatu transaksi, serta penutupan dan pemblokiran rekening.

Dengan mempertimbangkan kesiapan bank, maka penerapan layanan perbankan digital di Indonesia diawali dengan penyelenggaraan digital branch, yaitu adanya sarana bank yang berfungsi secara khusus untuk memproses registrasi nasabah dan pembukaan rekening secara mandiri. Layanan Digital banking yang menawarkan berbagai kemudahan diatas tentunya ada banyak, dan sebagai rekomendasi anda bisa menggunakan layanan dari Bank BTPN melalui Aplikasi Jenius.

Kemudahan yang bisa anda dapatkan sangat membantu bagi anda yang melakukan aktivitas dan kegiatan yang sibuk. Di dalam aplikasi jenius, Anda akan mudah memberikan bantuan dengan berbagai pilihan. Hanya dalam satu langkah. Misalnya saja fitur send it. Dengan fitur ini anda bisa kirim uang dan bayar tagihan lewat smartphone. Ada beberapa kemudahan yang bisa anda dapatkan jika anda memakai aplikasi jenius. Maxi saver, Ini adalah fitur deposito berjangka panjang berbunga maksimal.