Kedokteran merupakan salah satu bidang yang diinginkan oleh banyak orang. Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak sekolah kedokteran yang bisa dipilih oleh para calon mahasiswa baru. Sebut saja sekolah kedokteran gigi Maranatha, Bandung.

Namun, ada beberapa hal yang akan kami bahas di sini bagi Anda yang sudah mulai serius untuk bergelut di bidang terkait agar Anda bisa masuk ke fakultas kedokteran secara lancar. Selain itu, kami juga akan jelaskan apa kelebihan fakultas kedokteran. Jadi, simak artikel ini hingga selesai.

Apa Saja Kelebihan Jurusan Kedokteran?

Pertama-tama, kami akan coba jelaskan apa saja kelebihannya terlebih dahulu. Fakultas ini memiliki cukup banyak kelebihan. Berikut akan kami paparkan apa saja kelebihan-kelebihannya:

  • Masa depan lulusan kedokteran tergolong lebih terjamin. Pasalnya, keahlian di bidang kedokteran, khususnya kedokteran gigi sangat dibutuhkan dan tidak pernah sepi peminat.
  • Seorang lulusan kedokteran juga memiliki potensi untuk mendapatkan gaji atau penghasilan yang tinggi.
  • Seorang dokter juga memiliki wibawa di tengah masyarakat karena mereka sangat membantu sekali masyarakat khususnya di bidang kesehatan.
Sekolah Kedokteran Gigi

Tips Masuk Fakultas Kedokteran

Ingin lancar saat masuk fakultas kedokteran gigi? Yuk, intip beberapa tips yang sudah kami rangkum berikut ini:

1.  Mempersiapkan Tulisan Resume Terkait Medis

Saat ini cukup banyak perguruan tinggi di Indonesia yang meminta calon mahasiswanya menulis sebuah resume yang berkaitan dengan dunia medis. Tujuannya yaitu untuk mengetahui seberapa aktif mereka di dunia medis.

Contoh resume yang bisa Anda persiapkan yaitu seperti pengalaman magang di rumah sakit, proyek di lingkungan masyarakat yang berkaitan dengan tenaga kesehatan, dan sejenisnya.

2.  Pastikan Anda Memiliki Nilai yang Baik

Salah satu kunci sukses untuk bisa masuk ke sekolah kedokteran adalah memiliki nilai yang baik. Khususnya untuk nilai-nilai pada pelajaran biologi. Jika Anda memiliki nilai baik di mata pelajaran ini, maka tidak sulit untuk masuk ke sekolah kedokteran.

Jadi, sebelum masuk ke fakultas kedokteran, sebaiknya Anda mempersiapkan diri jauh-jauh hari terlebih dahulu.

3.  Mendalami Materi Eksakta

Tips selanjutnya sebelum Anda masuk ke sekolah kedokteran adalah mendalami materi eksakta. Caranya adalah dengan berlatih soal-soal yang nantinya akan muncul di perguruan tinggi khususnya di sekolah kedokteran.

Belajarlah untuk mengerjakan soal-soal dari buku teks, soal ujian nasional, soal tes, dan lainnya.

4.  Persiapkan Diri Untuk Tes SBMPTN

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting adalah dengan mempersiapkan tes SBMPTN. Belajarlah persiapan SBMPTN dengan rajin berlatih soal-soal agar Anda berpeluang masuk ke fakultas kedokteran.

Selain itu, soal-soal SBMPTN biasanya lebih sulit dibandingkan dengan soal-soal ujian nasional yang bagus untuk mengasah kemampuan Anda.

5.      Mengikuti Latihan TPA

Ketika Anda mulai mengikuti tes masuk jurusan kedokteran, umumnya Anda akan mengerjakan soal-soal tes kemampuan akademik atau yang dikenal dengan sebutan TPA. Soal ini biasanya akan dikerjakan dengan mudah dengan seringnya berlatih.

TPA juga biasanya diajarkan di bangku sekolah. Dengan begitu, Anda tidak perlu belajar sendiri dengan mencari soal-soal TPA.

6.      Persiapan Tes Sejak Dini

Lakukanlah persiapan sejak dini sebelum Anda mengikuti tes. Selain itu Anda juga harus yakin dan juga percaya terhadap kemampuan diri Anda sendiri untuk mendapatkan hasil yang positif.

Persiapkan juga peralatan ujian, pakaian, dan lain sebagainya yang masuk ke dalam penilaian tes.

Demikian penjelasan seputar tips masuk sekolah kedokteran gigi yang wajib Anda ketahui. Bagaimana, tertarik untuk mendaftar? Anda bisa memilih Universitas Maranatha sebagai salah satu pilihan yang paling tepat.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%