Menentukan jurusan memang tidaklah gampang, apalagi kalau Anda tidak punya passion yang spesifik. Namun di era digital ini, ada beberapa jurusan dengan prospek kerja yang sangat tinggi, salah satunya yaitu jurusan desain komunikasi visual. Nah kira-kira apa saja sich keuntungan kuliah jurusan desain komunikasi visual di Jakarta? Temukan jawabannya di bawah ini!

Apa Itu Jurusan Desain Komunikasi Visual

jurusan desain komunikasi visual di Jakarta
jurusan desain komunikasi visual di Jakarta

source: https://idseducation.com/wp-content/uploads/2018/04/IDS-salah-satu-sekolah-desain-favorit.jpg

Anda mungkin menyangka bahwa jurusan desain komunikasi visual itu sama dengan jurusan desain grafis. Meskipun ada hubungannya, namun keduanya berbeda. Ya, jurusan desain grafis lebih fokus pada hal-hal teknis terkait pembuatan desain grafis. Sedangkan jurusan desain komunikasi visual tidak hanya fokus pada desain grafis, melainkan juga aspek-aspek lainnya, khususnya komunikasi. 

Di era digital ini, desain grafis tidak hanya dipandang sebagai media untuk berekspresi, namun juga dapat digunakan sebagai media berkomunikasi. Itulah mengapa komunikasi bergaya visual ini sangat diperlukan untuk kegiatan periklanan. Jika Anda kuliah jurusan desain komunikasi visual di Jakarta, maka Anda tidak hanya dituntut untuk memahami desain grafis saja, namun juga dituntut agar karya grafis Anda bisa menjadi media persuasi yang sangat efektif. 

Manfaat Kuliah Jurusan Desain Komunikasi Visual Di Jakarta

Jika Anda membuka portal lowongan kerja, Anda pasti menemukan banyak sekali perusahaan yang membutuhkan lulusan jurusan desain komunikasi visual. Jika Anda masih ragu untuk kuliah di jurusan satu ini, coba deh cek beberapa manfaatnya di bawah ini!

Tidak Ribet

Jika Anda kuliah jurusan desain komunikasi visual di Jakarta, maka dipastikan Anda tidak akan mengalami terlalu banyak hambatan. Ya, ada berbagai macam moda transportasi yang bisa Anda gunakan untuk pergi ke kampus. Dengan banyaknya moda transportasi, maka Anda bisa menghemat lebih banyak budget saat kuliah. Selain itu ada banyak sekali opsi penginapan yang bisa Anda pilih. Jika budget Anda berlebih, maka Anda bisa tinggal di apartemen. Atau Anda bisa memilih tinggal di kosan, jika budget Anda terbatas. 

Networking Jadi Lebih Mudah

Jika Anda ingin memperluas jaringan, khususnya yang berhubungan dengan desain komunikasi visual, maka Jakarta merupakan tempat yang paling tepat. Selain di kampus, Anda ‘pun bisa dengan mudah menemukan orang-orang yang memang ahli dalam bidang desain komunikasi visual. 

Kesempatan Kerja di Perusahaan Besat Sangatlah Tinggi

Siapa sich yang tidak mau kerja di perusahaan besar? Nah jika Anda kuliah jurusan desain komunikasi visual di Jakarta, maka kesempatan kerja di perusahaan besar sangatlah terbuka lebar. Selain karena kebutuhan akan desain grafis itu sangat tinggi, juga karena jumlah perusahaan besar di Jakarta sangatlah banyak. Jadi jangan khawatir soal prospek kerja jika Anda mengambil jurusan desain komunikasi visual. 

Lingkungan yang Kasual

Dibanding dengan jurusan-jurusan lainnya, jurusan DKV ini memang identik dengan lingkungan yang kasual alias ‘selow’. Ya, aktifitas-aktifitas yang terkait perkuliahan seperti menggambar, mendesain, menganalis, dan lainnya memang membutuhkan pikiran yang fresh. Itulah mengapa pihak kampus tidak terlalu mempermasalahkan lifestyle mahasiswa-mahasiwa jurusan desain komunikasi visual.

Tugas yang Seru

Jurusan desain komunikasi visual ini lebih mengedepankan kreatifitas, sehingga mahasiswa mengerjakan tugas sesuai dengan kemampuannya. Itulah mengapa mahasiwa-mahasiswa jurusan DKV ini merasa sangat senang saat diberi tugas, misalnya seperti animasi, fotografi, branding, dan lainnya. 

Kebayang ‘kan betapa asiknya kuliah jurusan desain komunikasi visual di Jakarta! Nah jika Anda ingin tertarik mengambil jurusan ini, maka segeralah Anda mendaftarkan diri di IDS!

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%