Jenjang D3 atau Diploma 3 merupakan salah satu jenjang yang banyak dipilih orang-orang ketika mereka berkuliah di perguruan tinggi. Dengan mengikuti jenjang D3, Anda akan memiliki gelar Ahli Madya yang ditambah dengan keahlian Anda. Banyak orang memilih jenjang ini dengan alasan agar bisa lulus lebih cepat dan juga agar bisa lebih banyak mendapatkan ilmu praktek. Namun, banyak juga orang yang melakukan program ekstensi D3 ke S1 dengan berbagai alasan tertentu. 

Kelebihan Mengikuti Program Ekstensi D3 ke Jenjang S1

ekstensi d3 ke s1
ekstensi d3 ke s1

Bagi Anda yang sudah memiliki gelar D3 dan sedang berpikir untuk kembali melanjutkan kuliah, berikut beberapa kelebihan mengikuti program ekstensi ke S1 agar bisa semakin meyakinkan Anda.  

Bisa meningkatkan karir di perusahaan

Salah satu alasan yang banyak dipilih orang-orang saat melakukan program ekstensi adalah untuk menunjang karir mereka di perusahaan. Beberapa perusahaan memang seringkali memberikan syarat minimal pendidikan tertentu untuk karyawannya agar bisa mendapatkan promosi atau mendapat kenaikan jabatan. Maka, melakukan ekstensi merupakan salah satu cara untuk bisa semakin meningkatkan karir Anda di perusahaan. 

Namun meskipun perusahaan Anda tidak menetapkan persyaratan seperti ini, tidak ada salahnya juga Anda tetap melakukan program ekstensi di perkuliahan. Setelah Anda menyelesaikan program ekstensi tersebut, Anda tentu akan memiliki nilai lebih di perusahaan Anda dan bisa menjadi bekal Anda untuk bisa meraih posisi karir yang lebih tinggi lagi. 

Memiliki ilmu praktek dan ilmu teori sekaligus

Perbedaan antara jenjang diploma 3 dan strata 1 salah satunya adalah pada bobot materi perkuliahannya. Pada jenjang Diploma 3, Anda akan lebih banyak mendapatkan materi yang bersifat praktek. Sementara pada jenjang Strata 1, Anda akan lebih banyak mendapatkan materi yang bersifat teori. 

Namun, ada cara yang bisa Anda lakukan agar bisa memiliki ilmu teori serta praktek sekaligus, yaitu dengan melakukan program ekstensi D3 ke S1. Ketika Anda melaksanakan perkuliahan di jenjang Diploma 3, Anda telah memiliki bekal ilmu praktek. Kemudian saat melakukan ekstensi ke jenjang S1, Anda akan mendapatkan ilmu teori. Ini membuat Anda bisa memiliki ilmu teori dan ilmu praktek yang seimbang. 

Waktu yang lebih efisien

Jika Anda telah memiliki gelar Diploma 3 dan memutuskan untuk mengikuti program ekstensi, maka waktu yang Anda butuhkan untuk meraih gelar Strata 1 adalah sekitar dua tahun. 

Bandingkan jika Anda yang telah memiliki gelar D3 kembali melanjutkan perkuliahan umum untuk mendapat gelar sarjana, maka Anda akan membutuhkan waktu sebanyak empat tahun. Maka, memilih program ekstensi merupakan pilihan yang tepat dimana waktu yang Anda butuhkan untuk meraih gelar sarjana bisa lebih efisien. 

Mata kuliah yang lebih sedikit

Ketika Anda sudah menyelesaikan pendidikan di jenjang D3, maka Anda telah menyelesaikan sekian banyak jumlah SKS dan mata kuliah. Maka, saat Anda melanjutkan program ekstensi, Anda tidak perlu mengulang kembali mata kuliah atau SKS yang sudah Anda ambil pada jenjang D3 seperti jika Anda melanjutkan kuliah dengan memilih jalur umum. 

Dalam program ekstensi, Anda hanya perlu mengambil beberapa mata kuliah yang memang belum pernah Anda ambil dan Anda kuasai ketika Anda menjalani perkuliahan pada jenjang Diploma 3. Inilah yang membuat jangka waktu program ekstensi bisa menjadi lebih singkat. 

Itulah kelebihan mengambil program ekstensi D3 ke S1 yang akan sangat bermanfaat untuk karir dan kehidupan Anda kedepannya. 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%