Sebagian dari kalian mungkin belum sering mendengar dengan kata RAB. Apalagi jika membuat hal tersebut dengan benar. Nah RAB sendiri adalah salah satu perkiraan untuk biaya yang dibutuhkan dari untuk setiap perkembangan maupun proyek konstruksi. Biaya bangun rumah total yang diperlukan oleh konstruksi pada awalnya sampai akhir sudah bisa diprediksi di awal.

Disisi lain penggunaan RAB tersebut sangat penting sekali untuk pedoman pertama sebagai pengerjaan sebuah proyek konstruksi yang nantinya sebuah pembangunan pun dapat berjalan dengan lancar. Bagi anda yang kini berencana untuk membuat sebuah bangunan tentunya mesti merencanakan Rab tersebut dengan sangat jelas dan juga rinci.

Biaya bangun rumah
Biaya bangun rumah

Hal tersebut supaya dapat memastikan dana dan juga budget supaya dapat digunakan secara cepat dan juga tepat. Namun bukan hanya masalah pada dana, hal tersebut pun nantinya untuk mengembangkan spesifikasi pekerjaan, tenaga kerja, peralatan kerja yang dilibatkan ketika nanti sebagai penentu harga pertama ketika rumah tersebut akan dijual saat nanti.

Untuk sekarang, bagi kalian yang ingin tahu bagaimana cara untuk membuat RAB, nah berikut adalah ulasannya.

  • Buatlah Skema Pekerjaan
Biaya bangun rumah

Perlu Anda ketahui bahwa skema pekerjaan tersebut adalah salah satu acuan supaya bisa menentukan daftar pekerjaan yang dimana nanti akan dihitung dalam pembuatan rencana anggaran biaya bangun rumah. Disisi lain skema tersebut pun nantinya dapat digunakan agar bisa menentukan spesifikasi, berbagai jenis pekerjaan bahkan bahan bangunan yang diperlukan.

  • Hitung Volume Pekerjaan Dan Harga Satuan Kerja

Bagi Anda yang belum tahu, volume pekerjaan itu didapatkan dari daftar harga satuan pekerjaan per unit atau per meter persegi. Alangkah baiknya Anda juga mendaftarkan berbagai pekerjaan yang nantinya hendak dilakukan. Nah selanjutnya Anda pun harus menentukan harga satuan kerja. Nah hal tersebut dapat Anda hitung dari harga material dan juga upah.

  • Menghitung Jumlah Biaya Pekerjaan

Terakhir, Anda dapat mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuan, apabila sudah dilakukan maka selanjutnya membuat rekapitulasi. Hal tersebut merupakan jumlah total dari masing – masing bagian pekerjaan tersebut. hal tadi itu kemudian di total sehingga nantinya Anda akan mengerti berapa biaya bangun rumah keseluruhan.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%