Profesi yang berhubungan dengan IT kini telah banyak dibutuhkan seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Teknologi yang canggih memang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari dan segala sesuatunya dapat dilakukan secara cepat dan efisien. Hal ini juga mempengaruhi minat para calon mahasiswa untuk memilih jurusan teknik informatika.

6 Persiapan Sebelum Masuk Teknik Informatika

Jika Anda berminat untuk melanjutkan pendidikan Anda ke jenjang yang lebih tinggi maka ada baiknya Anda melakukan persiapan terlebih dahulu.  Berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk calon mahasiswa teknik informatika.

jurusan teknik informatika
jurusan teknik informatika

Niat

Hal pertama yang harus dipersiapkan yaitu niat atau kemauan. Pastikan bahwa Anda memilih jurusan ini karena memang sudah ada niat atau kemauan yang keras dari diri Anda sendiri. Niat ini akan membuat Anda tidak mudah menyerah dengan berbagai tantangan yang akan Anda hadapi di kemudian hari. 

Perkuat Kemampuan Matematika

Meskipun Anda akan menuntut ilmu teknik informasi namun Anda harus mempunyai kemampuan matematika yang bagus. Hal ini dikarenakan Anda nanti akan teknik informatika berasal dari rumpun yang sama sehingga keduanya akan berhubungan. Dengan persiapan yang baik maka Anda pun tidak perlu kaget ketika menghadapi logika matematika, aljabar linear, kalkulus dan matematika diskrit di jurusan teknik informatika.

Kemampuan Logika

Selain memperkuat kemampuan matematika, Anda juga harus mengasah logika Anda jika ingin menjadi mahasiswa teknik informatika. Anda akan sering berurusan dengan pemrograman karena ini akan menjadi mata kuliah yang Anda tempuh setiap semesternya. Logika merupakan kunci utama untuk dapat melakukan pemrograman dengan baik. Dalam bahasa pemrograman Anda akan lebih banyak menggunakan kode-kode yang mana pembuatan kode tersebut memerlukan kemampuan logika yang baik. Jika Anda memiliki kemampuan logika yang lemah maka hal ini dapat menyulitkan Anda untuk menyelesaikan tugas-tugas Anda.

Kemampuan Bahasa Inggris

Anda juga perlu menyiapkan kemampuan bahasa Inggris karena hal ini akan sangat membantu Anda dalam memahami istilah-istilah yang banyak digunakan di teknik informatika. Istilah-istilah tersebut menggunakan bahasa Inggris karena seperti yang kita ketahui bahasa Inggris merupakanan bahasa Internasional. Selain itu, memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik juga akan semakin memudahkan Anda dalam mendapatkan referensi.

Tidak Mudah Putus Asa

Anda harus paham konsekuensi memilih jurusan teknik informatika. Hal ini dikarenakan Anda akan mendapatkan banyak tugas yang tidak lepas dari pemrograman. Beberapa tugas tersebut memang tidak mudah untuk diselesaikan namun dengan semangat yang tidak mudah menyerah maka Anda akan dapat menyelesaikan semua tantangan tersebut.

Mempunyai Komputer Sendiri

Komputer merupakan perangkat penting yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa teknik informatika. Anda akan lebih mudah mempraktikkan ilmu yang Anda pelajari serta dapat menyelesaikan tugas dengan mudah jika mempunyai komputer sendiri. Oleh sebab itu, jika saat ini Anda masih belum mempunyai komputer maka Anda bisa mempersiapkannya dengan menabung mulai sekarang.

Rekomendasi Sekolah Informatika Terbaik

Anda dapat bergabung dengan IDS Digita College jika sangat menyukai dunia IT. Kampus ini menawarkan jenjang pendidikan hingga strata 1 (S1). Poin menarik menjadi mahasiswa IDS Digita College yaitu Anda akan dibekali dengan pendekatan real world project. Pendekatan tersebut bertujuan agar Anda lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja sesungguhnya.

IDS Digita College membuka 3 jurusan unggulan karena mempunyai peluang kerja yang sangat tinggi. Ketiga jurusan tersebut yaitu Cyber Security (SC), Mobile Apps & Games Development (MAG) dan Software Development (SD).

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%