1. Matahari memainkan peran utama dalam penuaan dini pada kulit kita. Hal-hal lain yang kita lakukan juga dapat menua kulit kita lebih cepat daripada biasanya. Untuk membantu pasien mereka mencegah penuaan kulit dini, ahli kulit menawarkan pasien mereka tip berikut.
  2. Melindungi kulit Anda dari sinar matahari setiap hari. Baik menghabiskan hari di pantai atau menjalankan tugas, perlindungan matahari sangat penting. Anda dapat melindungi kulit Anda dengan mencari keteduhan, menutupinya dengan pakaian pelindung matahari – seperti kemeja ringan berlengan panjang, celana panjang, topi bertepi lebar, dan kacamata hitam dengan pelindung UV – dan menggunakan tabir surya yang berspektrum luas, SPF 30 (atau lebih tinggi), dan tahan air. Anda sebaiknya mengoleskan tabir surya setiap hari ke semua kulit yang tidak tertutup pakaian. Untuk perlindungan yang lebih efektif, cari pakaian dengan label faktor perlindungan ultraviolet (UPF).
  3. Gunakan penyamak kulit sendiri daripada berjemur. Setiap kali Anda berjemur, Anda menua sebelum waktunya. Hal ini berlaku jika Anda berjemur karena sinar matahari, tempat tidur penyamakan, atau peralatan penyamakan dalam ruangan lainnya. Semuanya memancarkan sinar UV berbahaya yang mempercepat seberapa cepat kulit Anda menua.
  4. Jika Anda merokok, berhentilah. Merokok sangat mempercepat seberapa cepat kulit menua. Ini menyebabkan keriput dan kulit kusam dan pucat.
  5. Hindari ekspresi wajah yang berulang. Saat Anda membuat ekspresi wajah, Anda mengontraksikan otot-otot yang mendasarinya. Jika Anda berulang kali mengontraksi otot yang sama selama bertahun-tahun, garis-garis ini menjadi permanen. Mengenakan kacamata hitam dapat membantu mengurangi garis akibat menyipitkan mata.
  6. Makan makanan yang sehat dan seimbang. Temuan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan banyak buah dan sayuran segar dapat membantu mencegah kerusakan yang menyebabkan penuaan kulit dini. Temuan dari studi penelitian juga menunjukkan bahwa pola makan yang banyak mengandung gula atau karbohidrat olahan lainnya dapat mempercepat penuaan.

    penuaan dini
    penuaan dini
  7. Kurangi minuman beralkohol. Alkohol bersifat kasar di kulit. Ini membuat kulit dehidrasi, dan pada waktunya, merusak kulit. Ini bisa membuat kita terlihat lebih tua.
  8. Berolahragalah hampir setiap hari dalam seminggu. Temuan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga ringan dapat meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini, pada gilirannya, dapat membuat kulit tampak lebih muda.
  9. Bersihkan kulit Anda dengan lembut. Menggosok kulit hingga bersih dapat mengiritasi kulit Anda. Mengiritasi kulit Anda mempercepat penuaan kulit. Mencuci dengan lembut membantu menghilangkan polusi, riasan, dan zat lain tanpa mengiritasi kulit Anda.
  10. Cuci muka dua kali sehari dan setelah banyak berkeringat. Keringat, terutama saat memakai topi atau helm, mengiritasi kulit, jadi Anda harus segera membasuh kulit setelah berkeringat.
  11. Oleskan pelembab wajah setiap hari. Pelembab memerangkap air di kulit kita, membuatnya tampak lebih muda.
  12. Hentikan penggunaan produk perawatan kulit yang menyengat atau terbakar. Ketika kulit Anda terbakar atau perih, itu berarti kulit Anda teriritasi. Mengiritasi kulit Anda bisa membuatnya terlihat lebih tua.

Catatan: Beberapa produk anti-penuaan yang diresepkan oleh dokter kulit dapat terasa terbakar atau menyengat. Saat menggunakan produk anti penuaan resep, ini tidak masalah. Pastikan untuk memberi tahu dokter kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.