Tumbuh kembang anak memiliki dua cakupan peristiwa yang saling berkaitan yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan sendiri adalah perubahan pada anak yang bersifat kualitatif atau bisa diukur dengan pasti misalnya tinggi badan, lingkar kepala, berat badan, dan lain-lain. Sedangkan perkembangan adalah penambahan kemampuan struktur dan fungsi dari tubuh. Mam perlu memantau pertumbuhan dan perkembangan si Kecil secara berkala. Ada beberapa tips yang bisa membantu para Mam untuk memantau tumbuh kembang anak:

Pahami Jika Setiap Anak Berbeda

Pola perkembangan anak pada umumnya sama saja, namun kecepatannya bisa berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Faktor yang menyebabkan perbedaan tersebut adalah nutrisi dan stimulasi yang didapatkan oleh anak juga berbeda.

Selain nutrisi dan stimulasi, lingkungan juga memberikan pengaruh pada proses tumbuh kembang. Jadi Mam harus memahaminya terlebih dahulu agar tidak merasa khawatir jika si Kecil memiliki perkembangan yang berbeda.

susu s26
susu s26

Tahu Kapan Waktu Terbaik untuk Melakukan Pemantauan

Waktu pemantauan anak setiap tahapan usia bisa berbeda-beda. Pada umumnya anak yang lebih kecil harus lebih sering dipantau. Anak usia 2 tahun ke bawah setidaknya harus mendapatkan pemeriksaan 3 bulan sekali. Sedangkan anak usia 2 tahun ke atas bisa mendapatkan pemeriksaan lebih lama yaitu 6 bulan sekali.

Kenali Aspek Perkembangan Anak

Mam harus mengenali aspek perkembangan anak untuk mengukur apakah mereka berkembang dengan optimal atau tidak. Adapun aspek perkembangan anak yang harus dipantau yaitu aspek perkembangan bahasa, kognitif, fisik, dan sosial-emosional. Melakukan pemantauan pada perkembangan anak menjadi salah satu cara untuk deteksi dini jika ada penyimpangan perkembangan. 

Ketahui Parameter Pertumbuhan Anak

Selain aspek perkembangan anak, Mam juga harus mengetahui parameter pertumbuhan anak. Parameter tersebut biasanya ada tiga yaitu tinggi badan, berat badan, lingkar kepala. Anda bisa menghitung menggunakan saturan centimeter, kilogram, dan lain sebagainya. Semakin bertambah usia, semakin bertambah pula ukuran fisik anak.

Penuhi Asupan Nutrisi Anak untuk Membantu Tumbuh Kembang Optimal

Selain melakukan pemantauan, Mam juga bertanggung jawab untuk memberikan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Pasalnya nutrisi menjadi salah satu faktor yang bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian susu S26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (Susu Pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 GOLD dengan formula MultiexcelTM ╬▒Lipids System┬« membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%