Pengenalan makanan padat dianjurkan oleh World Health Organization atau WHO ketika bayi memasuki usia 6 bulan. Pada masa tersebut ASI yang biasa dikonsumsi secara eksklusif tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Oleh sebab itu, si Kecil membutuhkan makanan pendamping ASI atau MPASI. Bubur bayi merupakan MPASI yang tepat karena memiliki tekstur lembut dan mudah dicerna. Berikut ini ada beberapa ide resep bubur bayi bergizi yang bisa dicoba sendiri di rumah:

Bubur Bayi dari Wortel dan Jagung

Wortel dan jagung merupakan bahan makanan yang memiliki rasa manis sehingga Anda tidak perlu menambahkan gula untuk membuat bubur bayi yang manis. Berikut ini adalah resep selengkapnya:

resep bubur bayi
resep bubur bayi
  1. Bahan

Beberapa bahan yang harus Anda siapkan yaitu 1 buah wortel, 30 gram jagung, 3 sendok makan ASIP (Air Susu Ibu Perah), dan 100 mililiter air.

  1. Cara membuat

Cuci wortel dan jagung hingga bersih pada air mengalir. Setelah itu, kukus hingga lunak atau empuk. Angkat wortel dan jagung lalu langsung haluskan dengan blender atau food processor. Saring agar air dari wortel dan jagung terpisah, kemudian tambahkan ASIP hangat.

Bubur Bayi dari Pisang dan Mangga

Resep bubur bayi selanjutnya adalah pisang dan mangga. Kita ketahui bersama bahwa pisang merupakan salah satu bahan makanan yang disukai oleh bayi. Anda bisa mencampurkan dengan mangga untuk mendapatkan cita rasa berbeda. Langsung saja, berikut adalah resepnya:

  1. Bahan

1 buah mangga dan 1 buah pisang, 100 mililiter air, dan 3 sendok makan ASIP.

  1. Cara membuat

Kupas mangga dan pisang lalu potong dalam ukuran kecil. Haluskan hingga lembut menggunakan food processor. Saring menggunakan saringan makanan lalu tambahkan ASIP.

Itulah ide resep bubur bayi bergizi dan mudah untuk dibuat sendiri. Di samping resep-resep di atas, Anda juga bisa menghadirkan MPASI secara mudah dengan Nestle CERELAC Bubur Sereal Susu. Ada beberapa varian rasa, termasuk pisang yang disukai si Kecil. Bubur ini bisa diberikan pada si Kecil ketika menginjak usia 6 bulan. Penggunaan bahan alami yang dikeringkan membuat kandungan Nestle CERELAC Bubur Sereal Susu tidak jauh berbeda dengan bahan aslinya.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%