Bagi anak sekolah menengah umum yang baru lulus, tentu masih bingung menentukan jurusan apa yang akan dipilih. Saat ini kuliah yang paling banyak digemari adalah kuliah desain. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat kemampuan di bidang desain banyak diincar.

Umumnya ada beberapa jurusan pada kuliah tentang desain ini. Contohnya saja ada desain interior, desain produk, desain komunikasi visual dan banyak lagi. Tidak jarang calon mahasiswa kebingungan saat harus memilih jurusan. Semua memiliki kelebihan dan peluang kerja yang sama bagus

Mengenal Jurusan Pada Kuliah Desain

Agar tidak salah memilih dengan passion masing-masing, sebaiknya calon mahasiswa mengenali dulu jurusan yang ada. Agar saat menempuh pendidikan nanti lebih enjoy menghadapi mata kuliahnya. Berikut jurusan yang ada pada kuliah desain.

Desain Produk

Sekarang sebuah produk tidak hanya dinilai dari fungsinya saja. Melainkan juga dihargai sesuai dengan nilai estetika pada produk tersebut. Tidak heran jika desain produk menjadi salah satu kunci keberhasilan perusahaan. Semakin cemerlang ide yang diluncurkan, peluang kesuksesan juga terbentang luas.

Pada jurusan desain produk, para mahasiswa akan diajarkan untuk membuat rancangan sebuah produk. Produk yang dihasilkan tidak hanya harus membawa manfaat, tetapi juga mengandung nilai estetika tinggi. Peluang kerja pada lulusan jurusan desain produk ini masih sangat luas.

kuliah desain

Desain Komunikasi Visual

Jurusan ini ada untuk orang yang menyukai penggunaan simbol atau gambar untuk menyampaikan maksud terhadap target. Singkatnya adalah memberikan pesan melalui gambar visual. Di jurusan ini para mahasiswa akan diajarkan tentang desain grafis, fotografi, ilustri serta animasi.

Jadi bagi Anda yang tertarik untuk bekerja sebagai desainer grafis, ilustrator, animator, komikus, atau semacamnya. Kuliah di jurusan desain komunikasi visual adalah jalur yang tepat untuk menuntut ilmu. Lulusan dari jurusan tersebut banyak yang sukses dengan usaha maupun pekerjaan mereka.

Desain Interior

Desain interior di sini akan mengajarkan tentang tata cara penempatan barang dalam suatu ruang. Tugas penata interior bukan hanya mempercantik ruangan sesuai keinginan klien, tapi juga membuatnya terasa nyaman. Seorang desain interior umumnya komunikatif, bisa bekerja dalam tim serta percaya diri. Hal ini dibutuhkan karena mereka harus terus berkomunikasi dengan klien tiap hari.

Desain Fashion

Jurusan ini sangat tepat bagi Anda yang menyukai fashion dan trennya. Jurusan ini tidak hanya mengajarkan seluk beluk dunia fashion. Tetapi juga mengajarkan tentang bagaimana cara memasarkan produk agar diterima oleh pasar. Diajarkan pula bagaimana memanfaatkan teknologi untuk membantu menyelesaikan tugas desain fashion.

Keahlian utama yang dipelajari oleh para mahasiswa berupa cara membuat sketsa produk fashion. Menggunakan teknologi terbaru dalam membuat rancangan. Termasuk juga mengajarkan berbagai kreatifitas mengenai warna serta detail dalam produk fashion mereka.

Fotografi

Bagi yang menyukai fotografi dapat memilih untuk kuliah di jurusan ini. Kuliah fotografi tidak hanya membahas tentang memotret benda diam atau mengenai kamera saja. Akan diajarkan juga tentang filsafat, seni rupa, dan beragam ilmu penting lain.

Jurusan fotografi umumnya menghasilkan fotographer handal dalam bidang mereka. Prospek pekerjaan juga sangat luas bagi orang yang memiliki pengetahuan luas tentang fotografi. Contohnya sebagai fotografer fashion, fotografer olahraga, freelance, Photojournalist dan content creator.

Bagi Anda yang ingin mengambil jurusan fotografi, bisa melanjutkan kuliah desain di IDS Edu. Sebuah kampus taraf internasional yang mengajarkan tentang desain. Untuk info lebih lanjut bisa kunjungi alamat https://idseducation.com/digital-design-course/ ini. Selamat mencoba.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%