Konstruksi yang kuat, tahan lama, serta berkualitas bisa didapatkan apabila Anda mampu membuat semen adukan dengan benar. Adukan sendiri terdiri dari material seperti semen, pasir dan batu split.

Tidak hanya asal mencampur material bangunan tersebut saja, Anda harus memahami beberapa hal jika menginginkan adukan yang berkualitas untuk konstruksi yang berkualitas. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda pahami tersebut: 

Penyimpanan Semen

Semen merupakan bahan utama yang sangat penting sehingga biasanya dibeli dalam jumlah banyak sekaligus. Jika membeli sekaligus banyak, Anda harus menyimpan semen dengan baik. Pasalnya tempat yang lembab atau basah bisa membuat semen mengeras sehingga kualitasnya menurun. Agar tidak bersentuhan dengan tanah atau ubin, sebaiknya semen diberi alas berupa kayu.

Semen adukan
Semen adukan

Jenis Semen

Mungkin belum banyak di antara Anda yang tahu bahwa semen memiliki jenis yang beragam. Beberapa di antaranya yaitu Portland Composite Cement, Portland Cement, White Cement, dan Oil Well Cement. Setiap jenis semen tersebut memiliki fungsi yang beragam sehingga pemilihannya harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Kualitas Pasir

Jika ingin mendapatkan semen adukan berkualitas, maka Anda juga harus memilih pasir yang berkualitas. Usahakan untuk memilih pasir yang bagus dan tidak mengandung tanah liat atau lumpur. Pasalnya tanah liat dan lumpur bisa menurunkan daya rekat dari pasir. 

Komposisi Adukan

Komposisi adukan sangat penting untuk Anda perhatikan. Komposisi yang tepat bisa membantu membuat adukan yang lebih optimal dan berkualitas. Pastikan bahwa komposisi yang Anda gunakan sudah sesuai dengan kebutuhan pembangunan.

Pengerjaan

Hal terakhir yang harus dipahami adalah proses pengerjaan. Untuk mendapatkan hasil berkualitas, maka pengerjaan harus dilakukan dengan baik dan jangan tergesa-gesa. Misalnya ketika membuat dinding, material hebel atau batako harus dibasahi terlebih dahulu agar tidak mudah retak.

Itulah 5 hal yang harus Anda pahami sebelum membuat semen adukan yang berkualitas. Untuk pilihan semennya Anda bisa memilih merk berkualitas yaitu Semen Tiga Roda. Merk semen satu ini telah melalui proses pengujian dan mendapatkan SNI (Standar Nasional Indonesia).

Jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya. Apalagi Semen Tiga Roda merupakan merk ternama sehingga Anda bisa menemukannya dengan mudah di toko bangunan terdekat. Selengkapnya mengenai produk Semen Tiga Roda bisa Anda lihat pada website resminya yaitu sementigaroda.com.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%