Konstipasi atau yang lebih dikenal dengan istilah sembelit merupakan gangguan pencernaan yang sering terjadi pada anak-anak. Si Kecil yang mengalami konstipasi memiliki frekuensi buang air besar yang sangat jarang. Selain itu, feses yang dikeluarkan biasanya lebih keras dibandingkan feses pada umumnya. Gangguan pencernaan anak ini bisa terjadi karena banyak hal seperti pola makan yang kurang baik, kurang cairan, atau kurang aktif bergerak.

Dibandingkan mengobati, akan lebih baik bila Bunda mencegah terjadinya konstipasi. Apalagi kesehatan sistem pencernaan anak sangat penting untuk tumbuh kembangnya sehingga harus Bunda jaga dengan baik. Bunda bisa mencegah konstipasi dengan memberikan beberapa makanan berikut ini:

Gangguan pencernaan Anak
Gangguan pencernaan Anak

Makanan Kaya Serat

Serat adalah nutrisi dalam makanan yang bisa didapatkan melalui tumbuhan. Nutrisi ini akan tetap sama karena tidak bisa dipecah tubuh. Manfaat serat adalah membantu melancarkan pencernaan dan membuat feses tetap lunak. Oleh sebab itu, Bunda bisa memberikan makanan kaya serat sebagai cara mencegah konstipasi. Makanan yang bisa dipilih yaitu sayur-sayuran, kacang-kacangan, gandum, dan buah-buahan.

Probiotik

Cara mencegah gangguan pencernaan anak konstipasi selanjutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan probiotiknya. Probiotik biasanya terdapat pada makanan dan minuman yang telah melalui proses fermentasi. Asupan probiotik yang cukup menjamin jumlah bakteri baik di pencernaan tetap stabil sehingga buang air besar menjadi lancar. Makanan dan minuman dengan kandungan probiotik seperti tempe, susu dengan kandungan probiotik, dan yogurt.

Air Putih

Tubuh akan menyerap air dari makanan yang melewati usus. Sisanya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan menjadi feses yang nantinya keluar melalui gerakan otot. Apabila gerakan yang terjadi melambat, maka penyerapan air oleh usus akan terlalu banyak. Hal tersebut menyebabkan feses menjadi keras dan kering sehingga tubuh sulit untuk mengeluarkannya. Oleh sebab itu, si Kecil membutuhkan konsumsi air yang cukup.

Itulah makanan dan minuman yang bisa mencegah terjadinya gangguan pencernaan anak yaitu konstipasi. Selain air putih, Mam juga bisa memberikan minuman sehat berupa susu pertumbuhan LACTOGROW. Ada kandungan lactobacillus reuteri di dalam susu pertumbuhan LACTOGROW yang berfungsi mengurangi diare akut dan mengatasi konstipasi. Bunda bisa memberikan susu LACTOGROW 3 untuk si Kecil berusia 1-3 tahun dan LACTOGROW 4 untuk usia pra sekolah. 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%