Perhiasan berlian merupakan salah satu aksesoris terbaik yang banyak disukai. Bahkan, berlian asli memiliki nilai investasi selain bentuknya yang menarik dan indah. Namun, tidak semua berlian yang ada di pasaran memiliki kualitas yang bagus. Ada beberapa di antaranya yang berkualitas ASPAL (Asli Tapi Palsu).

Itulah kenapa, kita harus jeli dalam memilih jenis berlian sebelum langsung membelinya. Agar tidak salah membeli, berikut ini akan kami coba jelaskan tips bagi Anda yang ingin membelinya.

1.  Perhatikan Warna Berlian

Warna bisa menjadi salah satu patokan bagus atau tidaknya suatu berlian. Warna berlian juga dapat menentukan harga si berlian itu sendiri. Jadi, sebelum membeli, pastikan Anda mengetahui warna terbaik untuk jenis berlian yang Anda miliki.

Jenis warna berlian yang kurang bagus adalah warna yang sedikit kekuningan dan juga kecoklatan. Namun, tidak berlaku untuk jenis warna kuning yang masuk ke dalam kategori fancy diamond.

berlian asli
berlian asli

2.  Bersertifikat

Pilihlah jenis berlian yang sudah memiliki sertifikat GIA. Karena pada umumnya, berlian yang bersertifikat sudah tidak perlu diragukan kembali kualitas dan keasliannya. Sertifikat akan memuat berbagai informasi yang penting terkait keaslian, kualitas, dan informasi-informasi lainnya.

Maka dari itu, sebelum membeli, pastikan Anda menanyakan terlebih dahulu sertifikat tersebut kepada pembeli. Tujuannya agar berlian yang Anda beli, benar-benar terbukti keasliannya.

3.  Pilih Toko Perhiasan Terkemuka

Saat membeli, sebaiknya pilihlah toko perhiasan yang sudah memiliki kredibilitas bagus. Tujuannya agar produk yang dibeli, murni keaslian dan kualitasnya. Sudah banyak toko perhiasan terkemuka yang ada di Indonesia. Selain itu, toko perhiasan yang bagus, juga sudah melengkapi perhiasannya dengan sertifikat.

Melalui toko perhiasan yang tepat, Anda juga bisa melakukan pengecekkan keaslian berlian. Pasalnya, pada toko perhiasan, sudah dilengkapi dengan alat digital yang bernama diamond selector untuk mengecek keasliannya.

4.  Perhatikan Desain dan Detail Perhiasan

Selain keasliannya, pastikan perhiasan yang dipilih memiliki bentuk yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter Anda. Karena, saat ini cukup banyak sekali jenis perhiasan yang ada di pasaran. Silahkan pilih desain, mulai dari yang elegan, maupun jenis desain minimalis yang bagus untuk kebutuhan Anda.

Di lain sisi, desain dan detail perhiasan juga sangat penting untuk meningkatkan nilai estetika dari perhiasan itu sendiri. Cek informasi terkait desain terkini agar Anda bisa membeli produk yang cocok sesuai dengan keinginan.

5.  Perhatikan Kejernihan Berlian

Kejernihan atau clarity merupakan salah satu faktor yang juga tak kalah penting saat membelinya. Clarity atau kejernihan, berpengaruh terhadap kualitas berlian itu sendiri. Semakin jernih berlian yang Anda pilih, tentu akan semakin bagus.

Dalam memperhatikan kejernihan berlian, pastikan berlian tidak cacat. Pasalnya, berlian yang cacat, khususnya cacat yang cukup besar, akan menurunkan kualitas dan harganya. Pastikan Anda mengetahui seberapa besar kecacatan berlian tersebut.

6.  Ketahui Carat Berlian

Berlian sendiri diukur berdasarkan beratnya, bukan dari seberapa besar volumenya. Karat menjadi ukuran berlian itu sendiri. Contohnya, satuan karatnya setara dengan 0,2 gram atau 200 mg.

Jadi, karat pada berlian, berbeda dengan karat pada emas. Di mana karat pada emas digunakan sebagai penunjuk kemurnian emas. Contohnya, emas 24 karat, artinya, emas tersebut murni dan memiliki kualitas yang sangat bagus.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli berlian asli. Bagaimana, tidak sulit bukan? Bagi yang masih merasa kesulitan, kami rekomendasikan untuk membeli perhiasan berlian di Mondial Jeweler. Semua perhiasan yang tersedia di sana, murni perhiasan berlian asli dan berkualitas.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%