Menentukan harga jual makanan pada bisnis kuliner memang terdengar mudah. Namun kenyataannya tidak semudah itu. Anda harus mampu melakukan pertimbangan dengan baik agar harga jualnya pas. Harga jual yang pas memberikan keuntungan untuk Anda dan tetap diterima oleh pelanggan. Hindari kesalahan-kesalahan dalam menentukan harga jual agar tidak terjadi kerugian. Berikut ini adalah beberapa kesalahan cara menentukan harga jual makanan yang sering terjadi:

Memasang Margin Keuntungan yang Sama untuk Semua Menu

Kesalahan pertama yang sering dilakukan adalah memasang margin keuntungan yang sama untuk semua menu. Padahal setiap menu memiliki keunikan dan keunggulan masing-masing. Sebaiknya gunakan margin yang lebih besar untuk produk yang lambat terjual, sedangkan produk yang cepat terjual bisa menggunakan margin yang lebih kecil.

cara menentukan harga jual makanan
cara menentukan harga jual makanan

Lupa Menghitung Biaya-Biaya Kecil

Anda harus menghitung semua biaya yang masuk pada proses produksi makanan, bahkan biaya terkecil sekalipun. Masih banyak pebisnis yang lupa menghitung biaya kecil. Padahal biaya kecil tersebut bisa besar apabila diakumulasikan dengan jumlah yang banyak.

Menjual Makanan Terlalu Mahal atau Murah

Menjual makanan terlalu mahal untuk mendapatkan keuntungan besar. Sedangkan makanan yang terlalu murah agar cepat laku. Padahal keduanya sama-sama salah. Daripada menjual harga terlalu murah, berikan nilai tambahan pada produk agar menjadi kelebihan.

Menirukan Kompetitor

Sudah bukan rahasia lagi jika bisnis kuliner memiliki kompetitor yang banyak. Beberapa pebisnis terkadang menirukan harga dari kompetitor agar bisa bersaing. Padahal proses pembuatan makanan antara milik Anda dan kompetitor berbeda sehingga harganya juga bisa berbeda. Jangan menirukan kompetitor, namun tetap pertimbangkan harga dari kompetitor agar tidak kalah saing.

Memberikan Diskon Berlebihan

Apakah Anda tipe orang yang suka memberikan diskon agar pelanggan tertarik membeli? Itu bukan hal yang salah. Kesalahannya jika Anda memberikan diskon secara berlebihan sehingga tidak ada keuntungan yang didapatkan. Sebaiknya biaya diskon tersebut dihitung dengan baik berdasarkan biaya produksi.

Itulah kesalahan cara menentukan harga jual makanan yang sering terjadi. Anda harus menghindari kesalahan-kesalahan tersebut agar bisnis kuliner bisa mendapatkan keuntungan. Jangan lupa bergabung dengan Unilever Food Solutions untuk mendapatkan berbagai solusi seputar bisnis kuliner. Anda bisa bergabung melalui website www.unileverfoodsolutions.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.