Indonesia memiliki beragam jenis perhiasan tradisional. Tak heran karena Indonesia memiliki banyak pulau dengan keragaman suku yang berbeda-beda. Jenis-jenis perhiasan khas daerah di Indonesia sendiri sebenarnya tak jauh berbeda dari perhiasan negara lain. Perbedaannya terdapat pada desain dan bahan materialnya.

Berikut ini beberapa jenis perhiasan khas Indonesia. 

1. Kalung

Kalung merupakan perhiasan yang melingkar di leher. Kalung tradisional Indonesia sangat beragam, dan hampir setiap suku memiliki kalung khas dari daerah mereka. Misalnya di Riau, kalung tradisionalnya berupa kalung bunga matahari dan kalung dengan liontin naga yang terbuat dari emas.

2. Gelang

Gelang yang melingkar di pergelangan tangan juga merupakan salah satu bagian dari perhiasan yang sering dipakai oleh suku di Indonesia. Misalnya saja suku Nias yang memiliki Aja kola, yaitu gelang yang terbuat dari gulungan kuningan dengan berat 1 kilogram.

3. Mahkota

Mahkota dikenal sebagai simbol tradisional yang berupa tutup kepala yang biasanya dikenakan oleh raja atau ratu. Di Indonesia, mahkota bisa menjadi salah satu jenis perhiasan tradisional yang dapat dipakai di acara-acara pernikahan untuk pengantin wanita. Misalnya saja Sunda Siger yang berupa mahkota dengan cucuk yang terdiri dari lima buah hiasan melati. Mahkota dan aksesorisnya ini bisa mencapai 1,5-2 kg.

4. Anting-Anting

Anting-anting juga digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bagian dari budaya daerah mereka. Seperti masyarakat daerah Jambi yang memiliki anting tradisional yang disebut dengan Gambang. Gambang merupakan anting-anting yang terbuat dari bahan nikel dengan motif daun-daun kecil. Daerah Nusa Tenggara Timur juga memiliki beragam perhiasan telinga seperti Kaubata dan Belson. Kaubata terbuat dari timah putih yang berbentuk bulat pipih sedangkan Belson terbuat dari perak.

5. Cincin

Indonesia juga memiliki jenis cincin tradisional yang dipakai saat acara-acara adat seperti acara pernikahan. Misalnya saja di Aceh yang memiliki beberapa jenis cincin, ada yang berbentuk seperti sarang kepiting, telur ikan, dan jantung pisang.

Perhiasan-perhiasan khas dari daerah-daerah di Indonesia sampai saat ini masih terus dilestarikan. The Palace Jewelry sendiri menyediakan beragam perhiasan modern dan tradisional yang bisa dipilih. 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%