Pemilik kulit berjerawat harus lebih memperhatikan kondisi kulit wajahnya agar jerawat cepat menghilang. Berbeda dengan pemilik kulit normal, Anda yang memiliki kulit berjerawat membutuhkan rangkaian skincare yang lebih kompleks. Jika rutinitas perawatan wajah dilakukan dengan benar dan rutin, maka jerawat di kulit wajah akan segera membaik. Berikut ini adalah rangkaian skincare untuk kulit berjerawat yang bisa Anda gunakan:

Micellar Water

Micellar water merupakan produk pertama yang harus ada di rangkaian perawatan kulit berjerawat Anda. Manfaat utama micellar water adalah membersihkan makeup, sunscreen, atau berbagai jenis kotoran di kulit wajah. Pasalnya kotoran yang menumpuk dapat menyumbat pori dan membuat jerawat semakin parah.

Sabun Cuci Muka

Setelah membersihkan makeup dengan micellar water, selanjutnya yaitu mencuci muka dengan sabun cuci muka. Mencuci muka paling tidak dilakukan sebanyak dua kali sehari yaitu pagi dan malam hari. Ada banyak jenis sabun cuci muka mulai dari gel, sabun batang, dan lain sebagainya. Pilih produk yang lembut dan bertekstur gel karena nyaman untuk kulit berjerawat.

rangkaian skincare untuk kulit berjerawat
rangkaian skincare untuk kulit berjerawat

Toner

Rekomendasi toner untuk pemilik kulit berjerawat adalah toner yang memiliki kandungan astringent. Astringent alami memiliki banyak manfaat seperti mengurangi minyak berlebih, melembabkan kulit, serta mampu melawan komedo. Contoh kandungan astringent alami pada produk toner adalah witch hazel. Namun Anda harus menghindari alkohol, apalagi jika tipe kulit termasuk sensitif.

Serum

Serum adalah produk skincare yang memiliki manfaat untuk masalah kulit yang spesifik, salah satunya mengatasi jerawat. Jadi produk satu ini tidak boleh Anda lewatkan dalam rangkaian perawatan kulit wajah berjerawat. Serum memiliki kandungan bahan aktif yang bekerja di dalam lapisan kulit. Jika mencari serum untuk kulit berjerawat, Anda bisa memilih serum yang memiliki kandungan zinc dan niacinamide.

Eksfoliator

Eksfoliator adalah produk skincare yang berfungsi untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Pasalnya kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk menjadi penyebab berkembangnya bakteri jerawat. Biasanya eksfoliator memiliki scrub yang bisa membersihkan kulit wajah dengan baik. Namun produk ini hanya bisa digunakan tiga kali seminggu agar kulit tidak kering dan iritasi.

Pelembab

Pelembab atau moisturizer sangat dibutuhkan dalam semua jenis perawatan kulit wajah, termasuk kulit berjerawat. Fungsinya memang tidak bisa langsung mengatasi jerawat, namun pelembab tetap harus digunakan. Ketika kulit wajah terjaga kelembabannya, maka bakteri penyebab jerawat tidak akan muncul. Rekomendasi produk yang cocok untuk pemilik kulit berjerawat adalah yang bertekstur gel dan ringan.

Produk Khusus Jerawat

Banyak produk skincare yang memang diformulasi khusus untuk mengatasi jerawat. Biasanya produk tersebut berupa acne treatment yang diaplikasikan di bagian jerawat saja. Adapun acne treatment yang bagus yaitu yang mengandung beberapa kandungan seperti zinc, salicylic acid, vitamin C, retinol, benzoyl peroxide, dan sulfur.

Masker

Meskipun Anda sudah melakukan eksfoliasi, namun Anda tetap membutuhkan masker sesekali. Pasalnya keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Clay mask atau mud mask (masker lumpur) bisa digunakan karena berfungsi mengontrol produksi minyak dan mencegah munculnya jerawat.

Sunscreen

Produk skincare terakhir yang harus ada dalam rangkaian perawatan wajah Anda adalah sunscreen. Paling tidak kandungan SPF dalam sunscreen adalah 30. Manfaat sunscreen yaitu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat membuat bekas jerawat semakin menghitam.

Itulah rangkaian skincare untuk kulit berjerawat yang bisa Anda jadikan pilihan. Bioderma menawarkan rangkaian produk yang tepat untuk Anda dalam rangkaian Sebium. Produknya berupa micellar water, foaming gel, scrub, pelembab, dan lain sebagainya. Produk Sebium identik dengan kemasan berwarna hijau. Anda bisa menggunakannya secara rutin agar jerawat segera hilang. Lebih jelasnya mengenai rangkaian Sebium dari Bioderma ada di www.bioderma.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.