Obesitas merupakan kondisi ketika kucing memiliki berat badan di atas normal. Ciri-ciri kucing obesitas yaitu tulang rusuk tidak terasa saat diraba, bulu sedikit berminyak, terlihat rata dari atas, dan malas bergerak. Jika kucing sudah memiliki ciri-ciri di atas, maka Anda harus segera menanganinya agar berat badan tidak semakin naik. Pasalnya obesitas pada kucing menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti berikut ini:

kucing obesitas
kucing obesitas

Diabetes

Risiko diabetes pada kucing yang obesitas lebih tinggi dibandingkan kucing yang tidak obesitas. Bahkan sebanyak 80-90% kucing yang obesitas mengalami masalah satu ini. Kucing membutuhkan suntikan insulin setiap hari untuk mempertahankan diri. 

Sistem Kekebalan Bermasalah

Bukan hanya diabetes saja, kucing yang obesitas juga bisa mengalami masalah sistem kekebalan. Karena sistem kekebalan bermasalah, kucing akan lebih mudah terkena infeksi. Akhirnya kucing pun lebih mudah sakit dibandingkan dengan kucing yang berat badannya normal.

Gagal Hati

Masalah kesehatan serius selanjutnya yang bisa terjadi pada kucing dengan berat badan berlebihan adalah gagal hati. Saat tubuh kucing merasa kurang nutrisi, maka lemak akan dipindahkan ke bagian hati. Akibatnya pengelolaan dan fungsi hati tidak berjalan dengan baik.

Gagal Jantung

Selain gagal hati, kucing yang obesitas juga berisiko mengalami gagal jantung. Hal tersebut lantaran otot jantung kucing yang obesitas tertimbun oleh lemak. Jadi kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh menjadi terhambat. Akibatnya kucing kekurangan oksigen sehingga terjadi gangguan pernapasan.

Sistem Gerak Terganggu

Masalah satu ini sepertinya sudah jelas. Karena berat badannya berlebihan akibat timbunan lemak, kucing menjadi sangat besar sehingga sistem gerak terganggu. Apabila terlalu lama terjadi, maka sendi kucing kaku dan bisa berakibat kepincangan.

Distokia

Bahaya obesitas pada kucing yang terakhir adalah distokia. Distokia sendiri merupakan kesulitan melahirkan pada hewan betina. Lemak yang berlebihan pada otot panggul membuat kucing sulit untuk melahirkan. Bahkan bisa sangat berisiko saat melahirkan.

Itulah berbagai macam bahaya yang mengintai apabila kucing obesitas. Sebelum terlambat, Anda harus mengatur pola makan kucing dengan baik. Pilih makanan yang tepat dari Royal Canin agar berat badan tetap ideal. Rekomendasi varian makanan kucing yang bisa Anda pilih ada di website www.royalcanin.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.