Terdapat beberapa cara untuk membedakan mana perhiasan berlian asli dan mana perhiasan berlian yang palsu. Dari semua cara tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Jika Anda ingin mengetahui cara yang paling akurat untuk membedakannya, lakukan uji profesional sebagai berikut:

  1. Tes moa sanit

Melalui bantuan para ahli dengan uji profesional, berlian anda akan diuji keasliannya melalui tes atau tes kombinasi berlian. Cara ini adalah salah satu yang direkomendasikan, karena hasil tesnya cukup akurat. Dengan tes moa sanit ini, perbedaan dari perhiasan berlian asli dan yang palsu akan tampak sangat jelas.

  1. Tes menggunakan timbangan

Perihal timbangan berlian, uji profesional yang dilakukan bukan hanya mengetahui beratnya saja, tetapi dari tingkat kadar ataupun karat berlian tersebut serta jumlah butirannya dapat diketahui dengan pasti.

Misalkan perhiasan berlian Anda ternyata asli, maka akan tampak berat dan ukuran serta bentuk yang seimbang. Adapun melebihi 55% dari bentuk dan ukurannya, itu artinya perhiasan berlian Anda palsu.

  1. Tes panas

Uji profesional ini mungkin bisa anda lakukan di rumah. Melalui tes panas ini berlian asli tidak akan mengalami keretakan ataupun meleleh. Mengapa? Karena perhiasan berlian yang asli akan mampu menjaga suhunya Ski pun diuji melalui tes panas.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan dipanaskan pada api sekitar 30 detik. Berlian asli dapat mendeskripsikan panas dan tidak akan terjadi sesuatu hal pun yang mengubah bentuk serta kadar berlian tersebut.

  1. Tes mikroskop

Untuk uji profesional ini anda bisa menghubungi pakar ahli untuk mengetahui Apakah berlian Anda benar-benar asli atau palsu. Mikroskop yang digunakan oleh para ahli biasanya memiliki kaca pembesar 1200 kali lipat, sehingga lebih akurat untuk membedakan mana yang asli dan yang palsu.

Para ahli yang melakukan tes pada berlian Anda, akan melihat tingkat kerapatan serta faset berkilau pada berlian yang berwarna jingga. Jika itu yang dilihatnya, maka tidak perlu khawatir berlian Anda dinyatakan palsu, alias berlian Anda adalah asli.

Itulah beberapa cara untuk membedakan mana perhiasan berlian asli dan mana perhiasan berlian yang palsu.

Semoga bermanfaat!

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%