Anda wajib untuk mengingat adanya beberapa biaya dan juga bunga yang diterapkan oleh pihak bank, maka dari itu nasabah sebaiknya selalu waspada dalam memakai dan membayar tagihan kartu kreditnya.  Untuk pemakaian kartu kredit jangan sampai berubah atau beralih fungsi. Yang mulanya untuk memudahkan berbagai macam keperluan keuangan, justru akan menjadi sebuah beban di dalam keuangan nasabah yang bersangkutan. Hal ini pasti akan sangat merugikan.

Ketika seseorang tidak mempunyai kendali yang baik dalam memakai kartu kredit, maka dapat dipastikan apabila suatu ketika orang tersebut akan masuk ke dalam kubangan utang dan mengalami kesulitan keuangan. Berikut ini adalah beberapa poin yang dapat diterapkan dalam memakai kartu kredit secara efektif:

Batasi Jumlahnya

Ketika ini ada banyak jenis kartu kredit yang ditawarkan oleh pihak bank, namun pasti saja Anda tidak akan memerlukan semua jenis kartu tersebut bukan? Jangan terlalu banyak memiliki kartu kredit, kalau bisa gunakan satu saja tetapi bila memang terpaksa haru lebih jangan sampai lebih dari dua kartu.

Pastikan untuk mengenali terlebih dahulu kebutuhan Anda akan kartu kredit, sehingga Anda dapat menemukan jenis kartu yang paling tepat untuk Anda gunakan. Jangan memakai sesuatu yang tidak bermanfaat dengan maksimal, hal ini juga berlaku dalam kartu kredit. 

Tata dan Patuhi Daftar Belanja

Sebelum anda melakukan aktivitas yang namanya berbelanja, sangat disarankan untuk anda menata, menyusun dan membuat daftar apa saja yang harus anda beli sehingga ketika anda membayar semua belanjaan menggunakan kartu kredit akan aman. Hal ini akan menghindarkan Anda dari beberapa rasa penyesalan seketika setelah tiba di rumah, akibat adanya pembengkakan jumlah tagihan belanja yang Anda lakukan.

Jangan berbelanja pada ketika marah atau Anda dalam kondisi lelah, hal ini akan membuat Anda sulit berkonsentrasi dan fokus pada apa yang akan Anda beli. Belanja lah dengan santai dan juga tenang, sehingga Anda dapat berpikir positif dan mematuhi semua aturan serta daftar belanja yang telah Anda tata sejak awal. Apabila Anda dapat menerapkan hal ini setiap kali berbelanja, maka pembengkakan tagihan kartu kredit tidak akan pernah membuat Anda kesal di akhir bulan.

Gunakan dengan Tepat

Ada banyak manfaat yang diberikan kartu kredit, dan hal ini akan sangat menguntungkan apabila Anda jeli memakainya. Mulailah aktif dalam mengikuti berbagai informasi dan juga promosi yang diadakan kartu kredit Anda, hal ini dapat berupa potongan atau penawaran menarik lainnya. Apabila Anda dapat memanfaatkan momen promosi seperti ini, maka Anda dapat berhemat.

Namun, selalu ingat bahwa Anda hanya perlu memanfaatkan promosi yang memang benar-benar Anda butuhkan. Jangan mengejar potongan dan membeli sesuatu yang tidak begitu Anda butuhkan, ini adalah pemborosan.

Hindari Berbagai Biaya dan Bunga

Pihak bank juga menerapkan banyak macam biaya dan bunga pada kartu kredit, oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui komponen biaya tersebut dan besaran bunga yang mereka kenakan. Ini mungkin terlihat sepele, namun akan cukup merepotkan apabila Anda tidak mengerti sejak awal. Hindari berbagai macam biaya tersebut dan juga bunga, agar tagihan tidak membengkak. Hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi ini adalah disiplin dalam membayar dan juga mengelola pemakaian kartu kredit Anda.

Gunakan dan Bayar Tepat Waktu

Pada dasarnya, sebagian besar orang memilih untuk memakai kartu kredit dengan alasan sebagai alat yang akan mempermudah dan juga memberi manfaat. Namun ada banyak orang yang justru bermasalah dan akhirnya terlilit beberapa utang. Menjadi begitu penting untuk anda menentukan kartu kredit mana yang paling tepat dan cocok, sehingga benar-benar bermanfaat. Pergunakanlah kartu kredit dengan cermat, penuh pertimbangan dan bayarlah dengan disiplin semua tagihan yang datang sesuai dengan tanggal.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%