Mengetahui pertumbuhan anak secara detail merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap orang tua. Pasalnya, dengan mengetahui tumbuh kembang si kecil secara detail, kita bisa mengetahui apakah mereka mengalami tumbuh kembang dengan baik sesuai dengan usianya atau tidak?

Nah, berikut ini kami sudah merangkum beberapa ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan anak di usia 1 hingga 2 tahun.

  1. Si kecil sudah bisa menaiki tangga dan juga berlari-lari sambil bermain.
  2. Di usia 1 hingga 2 tahun anak-anak sudah bisa menggunakan pensil dan kertas. Mereka juga kerap kali mencoret kertas dan tembok di usia tersebut.
  3. Anak-anak sudah bisa menunjuk satu atau bahkan lebih bagian tubuhnya.
  4. Pada usia 1 hingga 2 tahun anak-anak juga sudah bisa menyebut minimal 3 hingga 6 kata yang memiliki arti. Contoh kata yang bisa mereka ucapkan seperti bola, piring, mama, dan lainnya.
  5. Anak-anak sudah bisa memegang cangkir sendiri.
  6. Si kecil juga sudah bisa belajar makan dan minum sendiri.

Tips Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Masa pertumbuhan dan perkembangan anan dikenal juga dengan istilah golden age atau periode emas. Di masa periode emas, si kecil akan membutuhkan banyak sekali kebutuhan asupan nutrisi dan juga stimulasi. Maka dari itu, perhatikanlah asupan nutrisi si kecil di masa tumbuh kembang mereka.

Selain itu, pastikan juga si kecil mendapatkan stimulasi baik dari permainan-permainan maupun dari aktivitas sehari-hari mereka. Nutrisi dan stimulasi adalah dua hal yang dapat mendukung masa periode emas si kecil yang hanya terjadi satu kali seumur hidup.

Penuhi juga asupan nutrisi si kecil mulai dari makanan sehat dan menyehatkan seperti sayuran, daging tanpa lemak, hati ayam, telur, ikan dan masih banyak lainnya. Sempurnakan juga kebutuhan nutrisi kecil dengan memberi mereka susu Dancow setiap hari karena produk susu ini kaya akan manfaat dan nutrisi yang tinggi.

Itulah informasi seputar 6 ciri tumbuh kembang anak yang perlu diperhatikan oleh setiap orang tua. Pastikan Anda mengetahuinya untuk memastikan bahwa si kecil mengalami tumbuh kembang sesuai dengan usianya. Semoga bermanfaat.