Perhiasan dengan batuan mutiara sudah lama populer sejak sekitar tahun 1920. Desain Perhiasan Berlian Asli yang unik menjadi alasan mengapa banyak orang yang sangat hobi sekali menggunakan model perhiasan yang satu ini. Namun, dengan beraneka ragam pilihan dari perhiasan tidak serta merta membuat kamu dapat memilih sesukamu. Malah justru kamu harus lebih berhati-hati dalam memilih perhiasan yang satu ini.

Maka dengan begitu kamu harus mengetahui berbagai macam hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menentukan perhiasan mutiara mana yang akan kamu beli. Mulai dari jenis, kualitas mutiara, untaian kalung yang sesuai dengan kebutuhan kamu, dan hal detail lainnya. Jadi, mari simak beberapa hal berikut ini:

Jenis Mutiara

perhiasan mutiara
Perhiasan mutiara

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa mutiara juga memiliki beragam jenis. Selain itu, mutiara juga dapat tumbuh dan dibudidayakan, tapi mutiara alami justru lebih mahal harganya daripada mutiara yang dibudidayakan. Hal ini dikarenakan mutiara alami jauh lebih lengkap daripada mutiara yang dibudidaya.

Mutiara juga dapat dibedakan dari caranya tumbuh dan berdasarkan lokasi hidupnya. Berikut penjelasannya:

  • Mutiara Akoya

Yang pertama adalah mutiara yang berasal dari laut jepang. Umumnya, mutiara ini berwarna putih susu dengan sedikit nuansa perak atau emas dan berbentuk bulat. Akoya berukuran 3 mm-10mm. Mutiara ini juga memiliki warna lain seperti warna cream, hijau mint, dan biru muda.

  • Mutiara Emas Laut Selatan

Selanjutnya merupakan jenis mutiara yang bisa dikatakan sebagai salah satu mutiara yang langka di dunia. Mutiara ini biasanya berada di pesisir pantai Tahiti atau daerah tropis lainnya. Mutiara dengan ukuran yang terbilang besar ini (biasanya mulai dari 9mm) memiliki harga yang cenderung mahal.

  • Mutiara Putih Laut Selatan

Jenis mutiara yang satu ini biasa ditemukan di pesisir pantai Tahiti dan Okinawa. Dengan ukurannya yang besar hingga mencapai 9mm dan juga warnanya yang lebih berkilau. Mutiara putih ini memiliki harga yang jauh lebih tinggi daripada mutiara Akoya.

  • Mutiara Hitam Laut Selatan

Mutiara yang satu ini biasa ditemukan juga di pesisir pantai Tahiti. Pada umumnya, jenis mutiara ini berwarna hitam pekat dan memiliki ukuran sebesar 6mm.

  • Mutiara Cortez

Kemudian ada mutiara dengan warna yang sangat indah. Mutiara dengan balutan warna pelangi yang menghiasinya, biasa ditemukan di pesisir pantai laut di Cortez, Meksiko. Merupakan salah satu jenis mutiara yang sangat langka ditemui di dunia dengan ukurannya yang sedikit lebih besar daripada yang lain yaitu sekitar 8mm-12mm.

  • Mutiara Conch

Mutiara ini berbeda dengan mutiara yang lainnya. Mutiara Conch ini tumbuh di dalam kerang dengan bentuk spiral. Mutiara yang berwarna pink dan peach ini memiliki bentuk menyerupai api. Mutiara ini biasa ditemukan di perairan Karibia dan Pasifik Selatan.

Tentu saja berbagai jenis mutiara yang tadi sudah disebutkan memiliki daya tarik, daya jual, dan daya belinya sendiri. Bagi siapapun yang sekiranya sudah sangat menggemari sekali dunia mutiara, tentunya sudah tidak ragu dan lagi salah pilih dengan beraneka ragam mutiara yang tersedia baik yang didapat secara alami atau dari.

Namun, bagi kamu yang masih belum paham dengan berbagai jenis mutiara atau mana mutiara yang asli atau palsu. Maka akan jauh lebih baik jika kamu mencari referensi mengenai perhiasan mutiara mana yang memiliki kualitas yang baik dan dapat memilih sesuai dengan keinginan kamu.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%