Perkara cincin pernikahan memang bukan hal yang bisa diremehkan. Anda harus memilih cincin ini dengan berbagai pertimbangan. Dengan mempertimbangkan hal mendasar dalam memilih cincin mampu menentukan kualitas dan makna cincin nikah itu sendiri. Anda tentu tidak ingin salah memilih dalam membeli cincin untuk pernikahan bukan? Maka dari itu, Anda harus memperhatikan poin mendasar sebelum memilih cincin pernikahan, di antaranya sebagai berikut : 

Keuangan

Keuangan merupakan poin penting yang paling mendasar untuk Anda pertimbangkan sebelum memilih cincin pernikahan. Anda perlu menyiapkan dan memperhitungkan budget yang dikeluarkan untuk membeli cincin pernikahan. Dalam membeli cincin pernikahan, Anda tidak perlu menyiapkan budget hingga belasan atau bahkan puluhan juta. Anda tetap bisa menyesuaikan dengan budget yang Anda siapkan meskipun yang disiapkan terbilang minim. Saat ini Anda bisa mendapatkan penawaran harga cincin yang sangat bervariasi, bahkan Anda bisa mendapatkannya mulai dari harga Rp 500 ribuan saja. 

Kesehatan 

Sebagai bukti kesetiaan, tentulah Anda akan mengenakan cincin kawin ini setiap hari di berbagai aktivitas Anda. Namun, sayangnya banyak orang yang tidak memperhatikan kesehatannya dalam memilih cincin pernikahannya. Pasalnya, ada beberapa orang yang memang memiliki alergi terhadap bahan-bahan tertentu yang ada di dalam cincin. Bagaimana bisa jika seseorang menggunakan cincin yang memiliki kandungan alergi baginya, tentu saja ini akan sangat menyiksa. Biasanya ada beberapa orang yang alergi terhadap kandungan emas, maka pastikan Anda tidak memilih cincin berkandungan emas, begitupun dengan orang yang alergi terhadap bahan perak. 

Cincin Nikah

Keyakinan 

Dalam agama tertentu memiliki pedomannya tersendiri dalam mengenakan aksesori atau perhiasan. Maka sebelum memilih cincin untuk pernikahan, Anda harus memastikan mana yang boleh dan mana yang tidak.  Semisalnya pada aturan dan ajaran agama islam yang melarang kaum pria untuk tidak mengenakan perhiasan apapun yang terbuat dari emas, baik itu emas putih ataupun emas kuning. Sementara untuk wanita diperbolehkan mengenakan perhiasan yang terbuat dari emas. Maka dengan ini Anda bisa mencari solusinya dengan mengganti dan memilih cincin nikah yang terbuat dari bahan platinum ataupun perak untuk kaum pria.

Pekerjaan 

Selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan untuk diperhatikan adalah pekerjaan dan aktivitas si pemakai. Sebab, pekerjaan ini dapat menentukan jenis cincin yang cocok dan sesuai. Hal ini bertujuan agar penggunaan cincin menjadi awet dan tidak menurunkan kualitasnya. Misalnya bagi mereka yang bekerja di lapangan dan sering terkena paparan sinar matahari seperti bekerja sebagai arsitektur, di arena pertambangan, ataupun lapangan kontraktor, akan lebih baik jika memilih cincin yang berbahan palladium dan platinum berkadar di atas 50%. Namun jika sebaliknya bekerja di dalam ruangan Anda tidak perlu khawatir sebab tidak akan terjadi masalah apa pun. Artinya, Anda bisa dengan bebas memilih cincin pernikahan dengan kandungan bahan apapun. 

Kepribadian

Kepribadian menjadi hal dasar yang tidak boleh ditinggalkan untuk mendapatkan cincin pernikahan yang berkesan. Jika Anda ingin memilih cincin dengan desain yang sesuai dengan kepribadian Anda dan pasangan, maka Anda harus memilih dan memesan cincin dari jauh-jauh hari. Apalagi jika cincin yang diinginkan memiliki desain rumit yang dapat memakan banyak waktu.

Itulah hal-hal mendasar yang wajib untuk Anda pertimbangkan dalam pemilihan cincin nikah. Dengan demikian Anda bisa menemukan cincin yang tepat dan berkesan. Temukan koleksi cincin pernikahan Anda di The Palace Jeweler sekarang juga!