Biasanya bayi bisa tengkurap dan membalikkan badannya sendiri pada usia 3-5 bulan. Meski begitu terkadang ada juga yang baru bisa tengkurap di usia 6-7 bulan. Hal ini bunda tidak perlu khawatir karena perkembangan setiap bayi berbeda-beda. Bunda bisa cek infonya di Bidan Sela untuk mengetahui berbagai fase tumbuh kembang bayi yang optimal. Sebenarnya tengkurap bayi bisa dilatih sejak berumur satu bulan.

Namun hal ini harus dilakukan dengan bijak. Pasalnya meskipun tengkurap sangat baik untuk melatih motorik dan kekuatan lehernya, posisi tengkurap juga sangat rentan meningkatkan sindrom anak jika dilakukan sembarangan. Untuk itu ikuti tipsnya di bawah ini:

1. Rutin lakukan tummy time

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk merangsang bayi belajar tengkurap adalah dengan melakukan tummy time. Idealnya hal ini dilakukan sekitar 5 menit untuk si kecil berada di posisi tersebut. Bunda bisa melakukannya secara berulang dalam keadaan bayi sedang terjaga.

Jangan lupa untuk memastikan tempatnya nyaman dan aman juga bersih. Jangan memaksanya jika bayi mulai menangis. Tunggu sampai ia sudah rileks kembali.

2. Berganti posisi saat menyusui

Ketika menyusui, bayi akan secara otomatis mengikuti dimana lokasi puting susu ibu. Bunda bisa tengkurapkan bayi diatas perut saat menyusui. Posisi seperti ini akan membuatnya lebih nyaman. Biarkan dirinya sendiri untuk menjaga keseimbangan. Secara tidak langsung posisi ini akan menciptakan ikatan yang kuat antara bunda dan si kecil, karena bisa saling menatap.

3. Gunakan mainan yang menarik

Pada umumnya bayi lebih moody, suasana hatinya tidak bisa kita prediksi. Untuk mengatasinya, bunda bisa memberikan mainan yang lucu dan menarik perhatiannya. Hal ini untukĀ  membuat bayi tidak mudah bosan dan dapat memperbaiki suasana hatinya.

Contohnya bunda bisa memberikan bola kecil saat bayi tengkurap. Dengan begitu bayi akan terangsang mengangkat badannya untuk mengambil mainan tersebut.

Itulah beberapa tips merangsang bayi agar cepat tengkurap. Dengan memberikan stimulasi yang tepat perkembangan bayi dapat berjalan secara optimal.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%