Pernah mendengar standar 4C pada sebuah perhiasan berlian? 4C merujuk pada color, cutting, carat dan juga clarity. Salah satunya yaitu kalung berlian cantik dengan standar 4C dari GIA (Gemological Institute of America). Lembaga GIA merupakan salah satu lembaga terpercaya yang mengeluarkan sertifikat resmi untuk kualitas berlian terbaik.

Artinya, kalung berlian wanita yang sudah sesuai dengan standar 4C dari GIA, merupakan berlian yang berkualitas jempolan. Di sisi lain, juga ada berlian yang melampaui standar 4C dari GIA yang tentunya kualitasnya lebih bagus lagi.

Apa Itu Kualitas 4C yang Bagus?  

4C merupakan rumus untuk mengetahui standar kualitas dari suatu berlian. Berikut kami sudah merangkum penjelasan untuk masing-masing kategori 4C bagi Anda yang ingin mengenalnya lebih jauh.

  1. Clarity (Kejernihan Berlian)

‘C’ yang pertama adalah clarity, atau yang dikenal juga dengan sebutan kejernihan. Semakin jernih berlian yang digunakan pada suatu perhiasan, maka semakin bagus berlian tersebut dalam memantulkan cahaya. Clarity bisa dilihat menggunakan kaca pembesar, bahkan dilihat melalui cara berkali-kali pembesaran.

Berlian yang memiliki tingkat clarity bagus merupakan jenis berlian yang memiliki tingkat kecacatan yang minim. Artinya, tingkat kesempurnaannya tinggi.

  1. Cutting (Bentuk Berlian)

Istilah cutting pada berlian merupakan model atau bentuk dari berlian itu sendiri. Contohnya seperti round cut diamond, yang artinya berlian tersebut memiliki bentuk bulat. Saat ini banyak model cutting berlian yang biasa digunakan pada kalung berlian cantik.

Selain round cut diamond, ada juga beberapa model lainnya, contohnya seperti heart shape, baguette cut diamond, pear shape, dan beberapa pilihan cutting yang lainnya.

  1. Carat (Berat Berlian)

Sebagai informasi, carat atau karat pada berlian tidak sama dengan karat pada emas. Karat berlian digunakan untuk menilai berat dari berlian itu sendiri. Artinya, karat adalah hal yang merujuk pada berat berlian.

Kalung Berlian Cantik-Kalung Berlian Wanita
Kalung Berlian Cantik-Kalung Berlian Wanita

Adapun 1 karat pada berlian setara dengan 0,2 gram. Jadi semakin besar nilai karat pada berlian, maka semakin besar juga bentuk dari berlian itu sendiri.

  1. Color (Warna Berlian)

Kualitas berlian pada kalung berlian wanita dan model perhiasan lainnya, bisa kita nilai juga dari warnanya. Warna berlian kuning kusam merujuk pada jenis berlian yang kualitasnya rendah. Sementara berlian berwarna putih atau bening merujuk pada kualitas berlian bagus.

Selain itu, ada juga model warna yang jauh lebih bagus yaitu tipe fancy diamond yang memiliki warna-warna unik. Contoh warna pada berlian model fancy diamond yaitu seperti merah muda, kuning (bukan kuning kusam), dan beberapa warna-warna lainnya.

Kenapa Sertifikat 4C Sangat Penting?  

Sertifikat berlian merupakan sebuah surat yang berisi informasi terkait kualitas, keaslian dan informasi lainnya terkait berlian itu sendiri. Sertifikat pada kalung berlian wanita sangat penting sekali untuk mengetahui kualitas dan keasliannya.

Di Amerika Serikat ada sebuah lembaga bernama Gemological Institute of America  (GIA), yang sudah kami paparkan sebelumnya. GIA memberikan standar kualitas berlian yang bagus, yang dikenal dengan istilah 4C GIA.

Selain 4C yang sesuai dengan standar GIA, juga ada kualitas yang lebih bagus lagi, yaitu berlian yang melampaui standar 4C dari GIA, seperti triple excellent cut. Semakin tinggi kualitasnya, tentu saja harganya pun akan semakin mahal karena tergolong langka dan bagus.

Bagi Anda yang ingin memiliki kalung berlian cantik dan mewah dengan standar 4C dari GIA atau  di atasnya, Anda bisa mendapatkannya di Mondial.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.