sumber: Apple

Siapa yang tidak tahu dengan salah satu smartphone buatan produk Apple seperti iPhone ? Ponsel iPhone adalah salah satu smartphone yang menjadi pilihan masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia. Produk besutan Apple ini selalu sukses menggempur pasar smartphone dengan beragam model dan teknologi yang mumpuni. Sejak awal peluncurannya di tahun 2007 lalu, Apple telah menghadirkan beberapa generasi terbaru dari iPhone dengan inovasi terbaik.

Diantara Smartphone keluaran Apple seperti, sampai saat ini iPhone 6 dan iPhone 6s masih saja diburu para pengguna, khususnya para pecinta iPhone. Meski smartphone ini telah dirilis pada tahun 2015, Namun ponsel iPhone 6 dan 6s masih saja tetap menjadi smartphone pilihan di kelasnya. Meski memiliki bentuk yang hampir mirip, tapi iPhone 6 dan 6s memiliki sedikit perbedaan dari segi desain, spesifikasinya.

Nah, disini kami akan membedakan perbedaan antara iPhone 6 dan iPhone 6s dari segi desain dan spesifikasinya.

  • Desain

Sumber: Pixabay

Jika dilihat dari segi desainnya, Apple menghadirkan bentuk yang berkelas dan elegan pada iPhone 6 dan 6s. Kesannya mewah pada HP ini terlihat dari perangkat bodynya. Perbedaan antara iPhone 6 dan iPhone 6s dapat dirasakan ketika menggenggam bodynya. Jika iPhone 6 berukuran 138.1 x 67 mm dan memiliki ketebalan mencapai 9.7 mm serta beratnya sekitar 129 gram. Untuk iPhone 6s memiliki ketebalan mencapai 7.1 mm dengan beratnya sebesar 143 gram.

Untuk bagian layar, keduanya tidak ada yang berbeda . kedua smartphone ini telah dilengkapi dengan layar bertipe LED Backlit IPS LCD Capacitive Touchscreen yang menghasilkan 16 juta warna. Dengan ukuran layar 4.7 inch. Bedanya iPhone 6s mempunyai 3D touch. Fitur canggih 3D Touch pada awalnya digunakan untuk jam pintar yaitu Apple Watch. Fitur yang ada pada iPhone 6 dan 6s ini membuat layar smartphone bisa merespon sebuah sentuhan yang berbeda. Sehingga para pengguna dapat menyentuh layarnya dengan menekan pelan atau kencang pada layar sehingga mampu menjalankan fungsi 3D Touch yang berbeda dan terasa lebih enak dan cepat.

Untuk perbedaan tampilan luar anda bisa dilihat dari casing bagian belakang. iPhone 6 tertulis Iphone sedangkan iPhone 6s terdapat tulisan iPhone S dengan huruf S dengan kotak kecil. Pada warna iPhone 6 dan 6s terdapat warna yang diluncurkan. iPhone 6 ada 3 yaitu, Space Grey, Silver dan Gold. Sedangkan iPhone 6s hadir dengan Space Grey, Silver, Gold, dan Rose Gold.

  • Kamera

Sumber: droidlime.com

Untuk perbedaan kamera iPhone 6 dan iPhone 6s cukup kontras, dimana keduanya mempunyai resolusi lensa kamera yang berbeda. Iphone 6 memiliki kamera utama 8 Megapiksel dengan aperture f/2.2 dan lensa sebesar 29mm serta  kamera depan memiliki resolusi 1.2 Megapiksel. Sedangkan untuk kamera dari iPhone 6s mempunyai lensa utama 12 Megapiksel yang telah dilengkapi dengan aperture f/2.2, True Tone Flash, 5-element lens yang bisa merekam sebuah video beresolusi 4K. kamera depan 6s naik hingga 5 Megapiksel.

Sementara itu untuk fitur iPhone 6 hampir mirip dengan 6s, tapi iPhone 6 tidak ada fitur untuk Live Photo. Sedangkan iPhone 6s sudah dilengkapi dengan fitur untuk Live Photos. Fitur ini digunakan untuk menyimpan foto yang bergerak dan adanya suara, layaknya video atau gambar GIF.

iPhone 6 dan 6s mempunyai perbedaan di kualitas videonya. Jika iPhone 6 menawarkan video dengan resolusi 720p@240fps dan 1080p@60fps. Sedangkan Untuk 6s dapat menghasilkan sebuah video dengan resolusi 720p@240fps, 1080p@60fps, 1080p@120fps, dan 2160p@30fps

  • Prosesor

Sumber : Google

Untuk perbedaan prosesor iPhone 6 dibekali dengan iOS 8 dengan chipset A8 64-bit dual core 1.4 GHz kemudian graphic cardnya adalah power gx6450. Sedangkan iphone 6s menggunakan iOS 9 dengan chipset A9 64-bit dual core 1.84 GHz dan menggunakan GPU PowerVR gt7600. Tidak hanya itu, untuk RAM keduanya memiliki perbedaan yaitu , iPhone 6 memiliki RAM 1GB sedangkan 6s memakai RAM 2GB. Jadi dari segi performa iPhone 6s lebih unggul daripada iPhone 6.

  • Baterai

sumber: macpoin.com

 

Untuk masalah baterai iPhone 6 dan iPhone 6s memiliki perbedaan yang lumayan jauh yaitu, iPhone 6 sudah dibekali baterai dengan tipe Non-removable Li-Po yang memiliki kapasitas sebesar 1810 mAh. Sementara untuk iPhone 6s menurun, dengan baterai yang berkapasitas 1715 mAh.

  • Fitur Pendukung

Sumber: merdeka.com

Untuk perbedaan lain antara iPhone 6 dan iPhone ada pada segi fitur pendukungnya. Dimana konektivitas pada iPhone 6s didukung dengan internet yang lebih cepat dari generasi iPhone sebelumnya. iPhone 6s memiliki kecepatan sampai dua kali lipat dari iPhone 6. Tidak hanya LTE saja, koneksi pada WiFinya juga menjadi dua kali lebih cepat dari iPhone 6s.

Itulah perbedaan iphone 6 dan iphone 6s dari segi desain, kamera, prosesor, baterai dan fitur pendukung. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%