Bengkaknya pengeluaran akibat biaya listrik yang sangat boros pemakaiannya, tentu saja membuat sebagian orang kewalahan untuk mencari solusi. Karena tidak mungkin jika kita harus mematikan semua pemakaian listrik.

Padahal semua anggota keluarga memiliki kebutuhan yang berbeda-beda akan aliran listrik. Untuk seorang ibu, mereka membutuhkan listrik untuk keperluan rumah tangga, seperti mencuci, menyetrika, masak nasi, membuat bumbu dapur, dan lain-lain. Berikut cara menghemat listrik pasca bayar yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan nyaman tentunya. 

tagihan listrik PLN
tagihan listrik PLN

Cara Menghemat Listrik Pasca Bayar

Perlu Anda ketahui bahwa ketersediaan energi listrik di dunia sangat terbatas. Apalagi kebutuhan ini tidak hanya berlangsung saat-saat sekarang saja, melainkan untuk anak cucu keturunan kita selanjutnya. Sedangkan pemakaian listrik di dunia milenium ini semakin bertambah dan tidak pernah selesai. Untuk meminimalisir bengkaknya tagihan listrik, harus kita siasati dengan beberapa cara berikut:

-Cabut Kabel Dari Saklar Ketika Sedang Tidak Digunakan

Kebiasaan tidak mencabut saklar harus diubah, baik itu kabel gadget, TV, maupun barang elektronik lainnya. Karena meskipun kabel sedang tidak digunakan untuk mengisi daya barang elektronik, listrik akan tetap mengalir dalam kabel. Jika terus begini, maka Anda benar-benar membuang listrik secara sia-sia.

-Hemat Pemakaian Lampu

Tips yang satu ini memang harus dilakukan oleh semua orang, baik itu orang berada maupun tidak. Biasanya orang yang berada lebih memilih lampu menyala dari pada sinar matahari, karena rumah mereka yang tertutup dan sulit dari cahaya alami. Sebaiknya, gunakan cahaya sinar matahari di siang hari. Selain udara lebih sehat, kita juga bisa menghemat pemakaian listrik.

-Gunakan AC Seperlunya

Meskipun penggunaan AC membuat kita nyaman dan tidak kegerahan, gunakanlah AC tersebut seperlunya saja. Misalnya, gunakan hanya ketika cuaca benar-benar panas. Untuk menyiasati udara panas, Anda bisa menanam pohon yang indah. Dengan begitu, rumah atau bangunan yang Anda tempati memiliki pasokan udara sejuk yang lumayan.

-Gunakan Listrik Pulsa

Sistem listrik pulsa adalah solusi yang bisa menekan pemakaian listrik di rumah maupun bangunan tempat Anda bekerja. Listrik pulsa ini menggunakan sistem dengan cara merencanakan kebutuhan listrik satu bulan penuh.

Kemudian, petugas akan menyalurkan listrik sesuai rencana yang telah dijanjikan. Dan apabila listrik Anda habis, maka semua aliran listrik secara otomatis juga akan mati. Dengan begitu, Anda akan lebih berhati-hati dalam menggunakan listrik tersebut agar pemakaian satu bulan sesuai dengan rencana.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%