Kesehatan merupakan investasi yang paling utama harus diperhatikan oleh setiap manusia. Karena tubuh yang sehat sudah pasti tidak akan mudah terserang penyakit. Dan untuk mencegah agar tidak terjadi hal-hal buruk pada tubuh, maka pemerintah mengajak masyarakat untuk rutin membayar tagihan BPJS.

Tagihan BPJS dibagi menjadi tiga kelas, yakni kelas 1, 2, dan 3. Yang mana pada masing-masing kelas dipatok dengan biaya yang berbeda-beda. Dan yang pasti pengadaan BPJS ini juga disesuaikan dengan kemampuan finansial masyarakat. 

Perkiraan Biaya BPJS Per Kelas Dan Cara Cek Tagihan BPJS

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kalau biaya peserta BPJS disesuaikan dengan kelas yang diambil. Tidak ada perubahan sejak tahun 2020 lalu untuk setiap tagihan yang dibebankan kepada masyarakat, namun ada sedikit perubahan pada kelas III. Yakni, bila tahun lalu hanya dikenakan sekitar 25 ribu rupiah. Maka pada awal tahun 2021 ada kenaikan sebesar 10 ribu rupiah total menjadi 35 ribu rupiah.

tagihan BPJS
tagihan BPJS

Dan untuk selebihnya tagihan BPJS masih tetap sama, yaitu :

Kelas I :   Rp 150.000,- / kepala

Kelas II :  Rp 100.000,- / kepala

Kelas III : Rp 35.000,- / kepala

Menurut peraturan pemerintah yang berlaku, masyarakat diwajibkan untuk mengikuti program BPJS ini. Dengan demikian dapat membantu masyarakat untuk lebih mudah dalam masalah pembiayaan saat sakit. 

Jadi sakit ataupun tidak sakit, dengan menarik tagihan berupa asuransi dari pemerintah tersebut. Setidaknya masyarakat dapat saling membantu. Karena bagaimanapun juga langkah yang diambil oleh pemerintah adalah untuk kesejahteraan masyarakat bersama. 

Namun sayangnya masih banyak orang yang belum patuh dan enggan untuk membayar BPJS. Padahal kalau bisa membayar BPJS secara rutin, akan sangat membantu program pemerintah agar berjalan dengan baik.

Cara Mudah Cek Tagihan BPJS

Untuk mengecek tagihan pembayaran BPJS bisa dilakukan dengan cara yang mudah, yaitu :

  1. Mengunjungi website resmi BPJS caranya :
    1. Buka website resmi BPJS di https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/
    2. Setelah masuk ke dalam web, isi kolom yang tersedia. Dimulai dari nomor kartu, tanggal lahir peserta dan angka validasi.
    3. Kemudian klik cek, maka akan keluar data pembayaran Anda dengan jelas. Yakni dari nama, nomor, tagihan, denda, sampai dengan total tagihan peserta BPJS dalam satu keluarga di bulan tersebut.
  2. Melalui SMS, caranya adalah dengan mengetik NIK (spasi) nomor kartu BPJS. Kemudian kirim ke nomor layanan BPJS, yaitu di 08777-5500-400.
  3. Menggunakan aplikasi mobile JKN, bila Anda ingin lebih mudah dan juga tidak repot. Maka cara lain untuk cek tagihan BPJS adalah dengan memanfaatkan layanan aplikasi. Di sana Anda dapat dengan jelas melihat ragam fitur menarik dan yang pasti jumlah tagihan setiap bulannya. 

Bagaimana, mudah sekali bukan? Apalagi saat ini untuk membayar BPJS ada banyak cara bisa dilakukan. Tanpa harus pergi ke kantornya langsung ataupun transfer melalui bank. 

Perkembangan teknologi yang semakin pesat juga turut memberikan kemudahan pada masyarakat untuk membayar BPJS setiap bulannya. Ada banyak platform berupa PPOB atau payment point online bank yang bisa Anda unduh gratis di playstore. Bahkan juga bisa dilakukan di gerai khusus untuk pembayaran BPJS misalnya di minimarket atau kantor pos.

Tapi, kalau Anda tidak bisa pergi ke beberapa tempat tersebut. Anda bisa memanfaatkan kartu kredit dari Bank Sinarmas untuk melakukan pembayaran tagihan BPJS. Ragam kemudahan ditawarkan oleh Sinarmas kepada nasabah setia. Dan yang paling penting, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan tagihan yang mengembung, kalau ada kartu kredit indigo semua pasti bisa diatasi dengan baik.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%