Sumber: pinterest.com

Ingin liburan tapi orang disekitar kita sangat sibuk sampai gak bisa diajak untuk traveling? Mencoba solo traveling atau liburan sendirian bisa kamu lakukan, lho. Terkadang liburan sendiri lebih mengasyikkan daripada dengan orang lain. Kamu bisa pergi kemana saja tanpa dibatasi dengan orang lain, dan bisa berjumpa serta mengenal teman-teman baru.

Tapi ada banyak hal yang bikin orang-orang malas untuk solo traveling, seperti takut kesepian, tersesat, bertemu dengan orang jahat, serta kekhawatiran lainnya yang membuat banyak orang mengurungkan rencananya buat melakukan traveling sendirian. Wajar-wajar saja sih jika kita mengkhawatirkan hal itu, terutama buat mereka yang baru pertama kali melakukan solo traveling. Nah, bagi kamu yang berencana melakukan traveling sendirian, berikut ada beberapa tips supaya liburan kamu tetap aman, menyenangkan dan anti boring!

  1. Pastikan Semua Barang Tersimpan dengan Aman

Sumber: pinterest.com

Sebelum melakukan solo traveling, pastikan dulu semua barang yang akan kamu bawa sudah tersimpan semua ke dalam koper atau ransel. Untuk mempermudah kegiatan kamu selama melakukan solo traveling, kamu bisa memisahkan barang sesuai dengan jenisnya. Misalnya gadget, seperti laptop Asus Zenbook, charger, power bank, earphone dan smartphone bisa kamu pisahkan dengan pakaian di koper. Kamu bisa menggunakan bag organizer untuk menyimpan gadget yang kamu bawa. Dengan begitu, kamu pun bisa mencari barang yang kamu butuhkan dengan mudah, sebab sudah terisolir dengan baik.

2. Pakai Pakaian yang Sesuai dengan Budaya di Tempat yang Dikunjungi

Sumber: travel.dream.co.id

Mencari tahu budaya seperti apa di tempat yang bakal kamu tuju saat traveling adalah hal yang sangat penting. Hal ini bertujuan agar kamu tidak salah mengenakan pakaian yang dianggap tidak sopan di tempat tersebut. Sebab, orang-orang biasanya bakal menilai kepribadian seseorang dari cara berpakaian.

3. Selalu Berikan Kabar ke Orang Terdekat Tentang Hal yang Akan Dilakukan

Sumber: pinterest.com

Selalu memberitahu keberadaan kamu dan kemana kamu bakal pergi juga menjadi salah satu hal yang tak kalah pentingnya saat melakukan solo traveling. Karena, jika terjadi sesuatu di tempat yang kamu kunjungi, mereka bisa dengan mudah memberikan pertolongan dan melacak keberadaan kamu. Sehingga orang terdekat kamu pun tidak khawatir.

4. Pelajari Bahasa Lokal Mulai Dari Kalimat penting

Sumber: merahputih.com

Kalau kamu berniat traveling sendirian, jangan lupa buat mempelajari bahasa lokal di tempat yang kamu datangi. Kamu bisa mulai belajar beberapa kalimat penting, seperti “Minta tolong”, “Terima kasih”, dan kalimat lainnya yang diperlukan. Sebab, meskipun kamu cuma liburan di dalam negeri, tapi masih ada beberapa daerah yang masyarakatnya tidak terlalu mengerti bahasa Indonesia, dan cuma berkomunikasi memakai bahasa daerah. Mempelajari sesuatu hal yang baru tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan saat melakukan solo traveling.

5. Jangan Menampakkan Barang Berharga

Sumber: pinterest.com

Penting buat diingat kalau kejahatan bisa terjadi dimana saja. Ketika melakukan perjalanan sendirian, jangan terlalu memperlihatkan barang berharga yang mahal, seperti laptop Asus Vivobook, smartphone, perhiasan, kamera dan barang mahal lainnya. Cukup mengeluarkan barang-barang tersebut saat benar-benar diperlukan. Sehingga bisa meminimalisir kejahatan yang bisa terjadi.

6. Lakukanlah Hal yang Kamu Suka

Sumber: pinterest.com

Ketika kamu sudah merasa bosan, kamu bisa memanjakan diri dengan melakukan hal yang kamu gemari. Misalnya, belanja oleh-oleh khas daerah, bermain wahana yang ada, menikmati makanan, berenang di pantai, dan hal lainnya yang gak bisa kamu dapatkan saat liburan dengan orang lain.

Melakukan traveling sendiri bisa bikin pribadi kamu jadi lebih mandiri dan lebih berani lho, geng. Jadi, sudah siap solo traveling?

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%