Konten merupakan bagian terpenting dari sebuah pemasaran, terutama pemasaran digital. Dengan konten yang tepat dan berkualitas, maka pemasaran yang Anda lakukan bisa berjalan dengan efektif. Namun untuk membuat content marketing atau konten pemasaran tersebut, Anda perlu mengetahui jenis-jenisnya. Sebenarnya ada cukup banyak jenis konten yang biasa digunakan oleh digital marketer, berikut ini adalah yang dianggap paling efektif:

Blog atau Artikel

Jenis konten pemasaran pertama yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar adalah blog atau artikel. Melalui blog, ada bisa melakukan banyak hal contohnya edukasi, mempromosikan konten internal dan eksternal, menambahkan media sosial, memberikan informasi seputar produk, dan lain sebagainya. 

Blog ini juga bisa digunakan untuk branding dan meningkatkan brand awareness. Caranya yaitu menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Jika website atau blog selalu berada di halaman awal mesin pencarian, maka pengguna internet akan lebih mudah mengenali produk Anda. Semua perusahaan berskala besar pasti memiliki blog atau website.

Media Sosial

Sebagian besar pengguna internet di Indonesia menggunakannya untuk berjelajah di media sosial. Itu sebabnya media sosial menjadi jenis konten pemasaran yang wajib digunakan. Apalagi sekarang semakin banyak media sosial populer seperti Instagram, TikTok, Facebook, Youtube, dan lain sebagainya. Konten pemasaran media sosial harus disesuaikan dengan target audiens agar lebih efektif dan efisien. Mudah mengukur keberhasilan campaign jika menggunakan media sosial.

 content marketing
content marketing

Video

Audiens di Indonesia cenderung lebih menyukai konten berupa video dibandingkan dengan tulisan saja. Apalagi sekarang media sosial berbasis video seperti TikTok dan Youtube semakin populer. Melalui konten video, Anda dapat memberikan informasi seputar produk, layanan, maupun merek dengan mudah. Dibandingkan dengan konten lain, membuat video memang lebih sulit namun hasilnya sangat baik.

Infografis

Infografis merupakan singkatan dari informasi dan grafik. Artinya konten ini memberikan informasi dalam bentuk grafis atau gambar agar lebih mudah dipahami oleh audiens. Adanya infografis membuat informasi kompleks terlihat lebih simple. Menampilkan konten infografis juga terbukti mampu menarik minat banyak orang. Pasalnya waktu yang dihabiskan untuk menonton infografis lebih sedikit dibandingkan konten video. Namun pemilihan konten tetap harus disesuaikan dengan tujuan pemasaran.  

Influencer

Seiring meningkatnya penggunaan media sosial, muncul istilah yang dikenal dengan nama influencer. Secara sederhana, influencer merupakan orang yang memberikan pengaruh pada pengikut atau masyarakat. Influencer bisa membantu Anda melakukan promosi karena mereka memiliki pengikut. Ada banyak sekali influencer yang bisa Anda temukan di media sosial. Pastikan memilih influencer yang cocok dengan bisnis karena setiap orang memiliki karakteristik berbeda.

Reviews dan Testimonial

Jenis konten pemasaran terakhir yang paling efektif untuk membantu promosi adalah reviews dan testimonial. Hampir semua orang melihat review dan testimoni sebelum membeli produk. Jika review dan testimoni buruk, maka mereka cenderung akan ragu untuk melakukan pembelian, begitu pula sebaliknya. Untuk mendapatkan reviews dan testimonial, Anda harus meningkatkan layanan dan kualitas produk. Bisa dibilang konten pemasaran ini adalah konten yang gratis untuk pebisnis.

Itulah enam jenis content marketing yang efektif membantu pemasaran bisnis Anda. Namun efektivitas konten pemasaran bukan dilihat dari jenisnya saja. Anda juga harus bisa merancang dan membuat konten dengan baik. Agensi digital seperti IDEOWORKS bisa membantu membuat konten yang efektif dan efisien.

Agensi ini telah berdiri sejak tahun 2013, jadi Anda tidak perlu meragukan kualitas dan kredibilitasnya. Layanan yang ditawarkan juga lengkap untuk menyesuaikan kebutuhan klien yang beragam. Sebelum menentukan konten yang tepat, Anda boleh berdiskusi dengan tim IDEOWORKS melalui website www.ideoworks.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.