Berkembangnya teknologi dan digital seperti sekarang ini membuat prospek kerja lulusannya semakin menjanjikan. Karena hal tersebut pula, jurusan di bidang ilmu komputer memiliki peminat yang terus meningkat setiap tahunnya. Salah satu jurusan di bidang ilmu komputer dengan banyak peminat adalah Teknik Informatika. Jurusan ini sendiri berfokus pada penggunaan komputer untuk menangani masalah transformasi dan pengolahan data menggunakan logika. Jadi prospek kerja Teknik Informatika juga seputar pembuatan aplikasi, pengolahan data dengan logika, dan lain sebagainya.

Karena menjadi jurusan yang bisa dibilang kekinian, banyak milenial yang ingin masuk dan bekerja di bidang ini. Sebenarnya ada cukup banyak prospek kerja yang bisa dimasuki oleh para lulusan Teknik Informatika. Namun berikut ini adalah 5 prospek kerja Teknik Informatika paling diburu milenial karena dianggap menarik:

prospek kerja teknik informatika
prospek kerja teknik informatika

Game Developer

Game saat ini sudah menjadi salah satu bagian hidup para milenial. Banyak sekali game online yang digandrungi oleh para milenial, seperti Mobile Legend, DOTA, Free Fire, dan masih banyak yang lainnya. Menjamurnya penggemar game online ini membuat para milenial ingin membuat game sendiri. Seorang game developer harus mampu membuat game berbasis desktop maupun mobile. Beberapa kemampuan yang harus dikuasai yaitu Maya Scripting Language, C++, Visual Basic, serta Java.

Mobile Application Developer

Sebagian besar pengguna internet yaitu pengguna mobile. Jadi aplikasi berbasis mobile saat ini menjadi salah satu aplikasi yang sangat penting. Perusahaan berskala sedang dan besar biasanya memiliki aplikasi mobile untuk memudahkan pelayanan kepada pelanggan. Kebutuhan akan aplikasi mobile yang tinggi ini memudahkan para milenial untuk masuk. Seorang mobile application developer harus memiliki kemampuan bahasa C++, Java, APIs, pengelolaan database, dan lain sebagainya.

Freelancer

Freelancer atau pekerja lepas paling banyak saat ini di bidang ilmu komputer atau IT. Pasalnya, pekerjaan sebagai ahli IT tidak menuntut Anda untuk selalu di kantor. Anda bisa mengerjakan pekerjaan dimana saja dan kapan saja. Banyaknya pekerjaan freelance untuk ahli IT ini membuat para milenial berjiwa bebas ingin memasukinya. Meskipun bekerja sebagai freelance, namun gaji yang didapatkan bisa lebih tinggi dibandingkan pekerja kantoran. Apalagi jika Anda mendapatkan klien dari luar negeri.

Programmer

Programmer dan jurusan Teknik Informatika sepertinya menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Sudah banyak orang yang tahu bahwa lulusan Teknik Informatika kebanyakan akan menjadi programmer. Adapun tugas dari programmer adalah membangun program mulai dari perancangan hingga implementasi. Programmer umum harus menguasai banyak bahasa, mulai dari C, PHP, Java, Phyton, Javascript, C#, dan lain-lain.

IT Consultant

IT Consultant mungkin tidak bisa langsung dimasuki oleh fresh graduate karena profesi ini membutuhkan pengalaman. Apabila sudah lama bekerja di bidang IT, Anda bisa mulai mencoba untuk menjadi IT Consultant. Tugas utama profesi ini yaitu memberikan masukan pada perusahaan dalam pemilihan teknologi informasi.

Itulah 5 prospek kerja Teknik Informatika yang saat ini paling diburu oleh para milenial. Apakah Anda juga berminat? Sebelum masuk ke dunia ilmu komputer, Anda harus menempuh pendidikan tinggi di bangku kuliah terlebih dahulu. Pilihlah perguruan tinggi yang mendukung Anda untuk berkembang dan mendapatkan pengalaman berharga seperti STMIK Indo Daya Suvana atau IDS Digital College.

Institusi ini memiliki program jurusan Teknik Informatika dengan kurikulum berstandar internasional. Dengan kurikulum tersebut, Anda tidak hanya siap bersaing di dalam negeri namun juga siap bersaing di luar negeri. Selain kurikulum berstandar internasional, IDS Digital College juga menggunakan sistem pembelajaran real world assignment. Dengan sistem pembelajaran tersebut, maka Anda lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja. Selengkapnya mengenai jurusan Teknik Informatika di IDS Digital College bisa Anda lihat di ids.ac.id.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%