Membeli cincin berlian memiliki banyak tujuan, ada yang digunakan untuk cincin pertunangan, cincin pernikahan, dan tak sedikit yang membeli cincin berlian untuk koleksi atau investasi. Ada beragam model cincin berlian di pasaran, hal ini seringkali membuat para calon pembeli kebingungan, karena cincin berlian memiliki keindahan yang tidak bisa diragukan lagi. Oleh karena itu, sebelum membeli cincin berlian, ada baiknya memperhatikan 4 (empat) hal berikut ini. 

1. Cut (Potongan)

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam pemilihan model cincin berlian sebenarnya bukan ukuran atau bentuk berliannya, akan tetapi sudut serta proporsi dari berlian tersebut. Apabila potongan berlian terlalu dangkal atau terlalu dalam, karena ini bisa memancarkan cahaya pada sisi-sisi berlian, sehingga bisa menyebabkan tampilan berlian menjadi kurang menarik dan nilai serta kilauannya pun berkurang.  

Hasil gambar untuk Model Cincin Berlian mondial

Berlian yang memiliki potongan yang baik mempunyai dua faktor, yaitu aspek cermin dan aspek kilau berupa aspek cahaya putih yang dipantulkan secara eksternal maupun internal. Inilah yang membuat cincin berlian bersinar cerah. 

2. Color (Warna)

Berlian putih bisa dikatakan sempurna apabila secara struktural tidak mempunyai warna. Tingkat berlian yang tidak mempunyai warna dinilai pada skala D (tidak berwarna) hingga ke Z (kuning muda). Batu berlian yang paling berharga tidak mempunyai warna. 

3. Clarity (Kejelasan)

Apabila berlian memiliki sedikit ketidakmurnian atau inklusi, maka artinya ia semakin jelas atau jernih, dan harganya pun semakin mahal. Hampir sama dengan warna, kejernihan atau kejelasan berlian diukur dalam skala. 

4. Carat (Karat)

Karat mengacu pada berat berlian. Saat ukuran karat meningkat, maka ia menjadi relatif langka dan harganya pun mahal. Akan tetapi, sebuah berlian apabila bobot karatnya lebih besar, bukan berarti ia juga terlihat lebih besar. 

Apabila sebuah berlian memiliki ukuran karat yang lebih kecil bisa terlihat lebih besar apabila mempunyai potongan (cut) yang dangkal. Sedangkan berlian dengan karat besar ukurannya bisa lebih kecil jika potongannya lebih dalam.

Ukuran berlian tidak hanya bergantung pada bentuk berlian saja, namun juga pada desain serta pemasangannya. 

Itulah 4 (empat) hal yang harus diperhatikan saat memilih model cincin berlian, semuanya kembali ke selera masing-masing penggunanya. 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%